Kemenhub Siapkan 382 Rute Penerbangan untuk Mudik Lebaran 2023

Kementerian Perhubungan menyiapkan 382 rute penerbangan domestik maupun internasional untuk masa angkutan mudik lebaran 2023.

Kemenhub Siapkan 382 Rute Penerbangan untuk Mudik Lebaran 2023
Kementerian Perhubungan siapkan 382 rute penerbangan untuk Mudik Lebaran 2023. Gambar : Kompas.com/Garry Lotulung

BaperaNews - Mobilitas masyarakat untuk mudik lebaran 2023 mendatang telah disiapkan sarana prasarananya oleh pemerintah. Salah satunya dengan menyiapkan 382 rute penerbangan domestik maupun internasional untuk masa angkutan mudik lebaran 2023 oleh Kementerian Perhubungan.

Dirjen Kemenhub Kristi Endah menyebut pihaknya menyiapan 270 rute penerbangan domestik dengan 122 kota tujuan dalam negeri. Sedangkan rute internasional disediakan 112 penerbangan yang bisa menjangkau 48 kota luar negeri di 22 Negara.

Dari sisi armada, 394 pesawat terbang telah disiapkan Kemenhub untuk penerbangan regular dan akan terus ditambah jumlahnya untuk mudik lebaran 2023 mendatang. Tempat duduk ekstra flight juga akan ditambah dengan ukuran lebih besar sebagai antisipasi adanya lonjakan penumpang.

“Kami juga memastikan armada siap, jam operasional bandara, utilitas jam terbang pesawat, dan dipastikan tidak ada pekerjaan dijalankan di sisi udara” terang Kristi Endah.

Selanjutnya Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub melakukan pantauan di 51 bandara selama masa angkutan lebaran 2023, 16 diantaranya ialah bandara internasional.

Pemantauan dilakukan dengan membuat posko angkutan udara yang bisa memberi layanan transportasi udara kepada seluruh masyarakat yang memakai moda transportasi udara selama arus mudik dan arus balik lebaran 2023.

Baca Juga : Kemenhub Gelar Mudik Motor Gratis, Pemudik Cukup Bayar Rp 20 Ribu

51 bandara dipantau dari sisi keamanan, keselamatan, jumlah penumpang, pergerakan pesawat, serta jika ada masalah teknis atau faktor lain. 51 bandara tersebut terdiri dari 14 bandara yang dikelola Unit Penyelenggara Bandar Udara, 20 bandara dikelola PT Angkasa Pura II, 15 bandara dikelola PT Angkasa Pura I, 1 bandara dikelola Badan Usaha Bandar Udara, dan 1 bandara dikelola pemerintah daerah.

Pemantauan dilakukan untuk antisipasi kondisi darurat dan memberi komunikasi efektif kepada pengguna jasa transportasi udara. Inspektur dan Direktorat teknis akan diterjunkan untuk mengawasi maskapai serta ground handling.

“Tugas kami ialah memastikan pelayanan berjalan sesuai prosedur baik itu sebelum, selama, serta setelah penerbangan dilakukan” pungkas Kristi Endah.

Diketahui di masa mudik lebaran pasti terjadi kenaikan mobilitas masyarakat, masyarakat banyak bepergian ke kampung halaman ataupun berlibur bersama keluarganya.

Diharapkan masyarakat yang mudik dengan moda transportasi udara bisa menikmati masa libur lebarannya dengan bahagia karena mendapat transportasi udara yang nyaman dan lancar selama perjalanan mudiknya.

Baca Juga : Daftar Ruas Jalan tol yang Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran 2023