Kabar Duka! Arifin Panigoro Dikabarkan Meninggal Dunia

Arifin Panigoro , anggota Wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden) meninggal dunia dalam usia 76 tahun pada hari Minggu (27/2/22). Simak berita lengkapnya!

Kabar Duka! Arifin Panigoro Dikabarkan Meninggal Dunia
Arifin Panigoro Dikabarkan Meninggal Dunia. Gambar: Tempo.co

BaperaNews - Arifin Panigoro , anggota Wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden) meninggal dunia dalam usia 76 tahun, ia meninggal dunia hari Minggu 27 Februari 2022 di Mayo Clinic, Rocheser, Amerika Serikat jam 14.29 waktu setempat atau jam 03.29 WIB. Kabar duka ini disampaikan oleh pihak keluarga.

Nama Arifin Panigoro sendiri sudah tidak asing di dunia bisnis dan politik Indonesia, ia adalah pendiri Meta Epsi Pribumi Drilling Company (Medo Energy) yang merupakan perusahaan tambang gas dan minyak bumi swasta terbesar di Indonesia.

Di dunia politik, Arifin Panigoro sempat gabung dengan PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) tahun 1999, ia juga pernah menjadi ketua DPD dan Ketua Fraksi PDIP periode 2022-2003. Tahun 2005, Arifin Panigoro mundur dari keanggotaannya sebagai anggota DPR dan PDIP, dia membuat partai sendiri bersama rekannya bernama Partai Demokrasi Pembaruan.

Arifin Panigoro meninggal dunia karena sakit paru-paru, hal ini disampaikan oleh adik kandungnya, Hilmi Panigoro, menjelaskan kakaknya menghembuskan nafas terakhir setelah menjalani perawatan intensif di RS setempat.

Baca Juga: Jokowi Melayat Ke Rumah Duka Paman Di Solo Hari Ini

Berita meninggalnya Arifin Panigoro juga disampaikan oleh Pandu Riono, ahli epidemiologi dari FKM UI di akun Twitternya, “Innalillahiwainnalillahirojiun, telah meninggal dunia Pak Arifin Panigoro di Mayo Clinic USA, beliau ialah ketua @StopTBIndonesia yang aktif mempercepat pengendalian tuberkulosis di Indonesia” tulisnya.

Arifin Panigoro kemungkinan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. “Jenazah akan dipulangkan ke Indonesia, butuh waktu dua hari dari Amerika” ujar Sidarto Danusubroto, anggota Wantimpres. Dikabarkan, Arifin Panigoro sebelum meninggal dunia sempat menerima telepon dari Presiden Jokowi ketika a menjalani pengobatan, ia menyatakan ingin sembuh, hal ini diketahui dari sebuah unggahan video di media sosial, video ketika Arifin Panigoro menerima telepon tersebut disebut terjadi tiga hari yang lalu, Arifin Panigoro sempat mengucap terima kasih kepada Jokowi yang mendoakannya agar segera sehat.

“Terima kasih Pak, terima kasih, Bapak juga sehat-sehat Pak” ujar Arifin Panigoro dalam video tersebut. Arifin Panigoro juga sempat menceritakan ia ditemani oleh keluarga mulai dari istri hingga anak-anaknya ketika menjalani pengobatan. “Oh sekeluarga, ada istri saya, ada anak saya, ditungguin” ucapnya. Kepada Presiden Jokowi, ia mengungkap ingin segera sembuh karena ada banyak hal yang ingin dikerjakannya, “Iya Pak saya ingin sembuh terus berbuat sesuatu buat Bapak” ujarnya.

Baca Juga: Ramai – Ramai Sindir Otak di Balik Wacana Penundaan Pemilu 2024