Jokowi Tokoh Muslim Ke-13 Paling Berpengaruh Di Dunia, Said Aqil Urutan Ke-19

Presiden Jokowi kembali menempati ranking ke-13 dari total 50 tokoh muslim yang dianggap berpengaruh di dunia pada tahun ini dan Said Aqil berada di urutan ke-19.

Jokowi Tokoh Muslim Ke-13 Paling Berpengaruh Di Dunia, Said Aqil Urutan Ke-19
Jokowi Tokoh Muslim Ke-13 Yang Berpengaruh Di Dunia, Said Aqil Urutan Ke-19. Gambar : Instagram.com/@jokowi

BaperaNews - Presiden Joko Widodo atau biasa dikenal Jokowi kembali menempati rangking ke 13 dari total 50 tokoh muslim yang dianggap berpengaruh di dunia pada tahun ini versi kacamata dari The Muslim 500.

The Muslim 500 sendiri merupakan lembaga survey yang selalu rutin dalam merilis deretan tokoh muslim yang dianggap paling berpengaruh di dunia di setiap tahunnya. Survei tersebut sebelumnya dibentuk oleh The Royal Islamic Strategic Studies Centre yang berafiliasi langsung dengan Royal Aal Al Bayt Institute for Islamic Thought di Amman, Yordania.

“Joko Widodo yang lebih dikenal dengan sapaan Jokowi, akhirnya terpilih lagi sebagai Presiden Republik Indonesia melalui Pemilu yang diselenggarakan pada bulan April 2019. Ia memenangkan 55,5 persen suara dan akan kembali mengemban tugas serta jabatan hingga tahun 2024 mendatang,” begitu bunyi survei yang dilakukan oleh The Muslim 500.

Selain Presiden Jokowi, ada juga Said Aqil Siradj (eks Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) dan Habib Luthfi bin Yahya (Ketua MUI) Jawa Tengah yang juga ikut masuk dalam daftar 50 besar tokoh muslim di dunia.

Said Aqil Siradj terlihat menempati posisi ke 19. Sedangkan Habib Luthfi bin Yahya menempati posisi ke 32.

Sementara itu, yang berhasil bertengger di posisi puncak adalah Emir Qatar Tamim bin Hamid Al Thani menjadi tokoh muslim paling berpengaruh di dunia. Disusul oleh Raja Salman dari Arab Saudi hingga Ayatollah Ali Khamenei yang merupakan Pemimpin Tertinggi Iran.

Peringkat keempat ditempat oleh Tayyip Erdogan (Presiden Turki). Ia diketahui sudah menjabat sebagai presiden selama 11 tahun karena menang tiga kali pemilihan secara berturut – turut yakni 2002, 2007 dan juga 2011.

Baca Juga : Bahas Minyak Dunia, Putin Dan Biden Rayu Putra Mahkota Saudi MbS

Di posisi kelima ada Abdullah II Ibn Al Hussein yang mana ia adalah sosok keturunan langsung dari Baginda Nabi Muhammad SAW.

Selanjutnya, ada Muhammad Taqi Usmani yang berada di posisi keenam. Ia merupakan seorang Sarjana Keuangan Islam sekaligus berprofesi sebagai ulama.

Di peringkat ketujuh ada Raja dari Maroko yakni HM King Mohammed VI yang juga merupakan keturunan langsung dari Baginda Nabi Muhammad SAW. Keluarga besar dari Mohammed disebut – sebut sudah memerintah Maroko kurang lebih selama 400 tahun.

Urutan 20 Besar Tokoh Muslim Dunia Versi The Muslim 500:

1.Tamim bin Hamid Al Thani

2.Salman bin Abdul Aziz Al Saud

3.Ayatollah Hajj Sayyid Ali Khamenei

4.Recep Tayyip Erdogan

5.Abdullah II Ibn Al Hussein

6.Muhammad Taqi Usmani

7.HM King Mohammed VI

8.Mohammed bin Zayed Al Nahyan

9.Sayyid Ali Hussein Sistani

10.Imran Khan

11.Habib Umar bin Hafiz

12.Salman Al Ouda

13.Joko Widodo (Jokowi)

14.Ahmad Muhammad Al Tayyeb

15.Muhammad bin Salman bin Abdul Aziz Al Saud

16.Abdullan bin Bayyah

17.Muhammadu Buhari

18.Muhammad Sa’adu Abubakar III

19.Said Aqil Siradj

20.Ali Gomaa