Jokowi Resmikan Jalan Evakuasi Sepanjang 182 KM di Gunung Merapi

Presiden Jokowi meresmikan Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, Akses Evakuasi Merapi, dan Petung-Pakis, Magelang, pada Senin (22/1).

Jokowi Resmikan Jalan Evakuasi Sepanjang 182 KM di Gunung Merapi
Jokowi Resmikan Jalan Evakuasi Sepanjang 182 KM di Gunung Merapi. Gambar : Instagram/@jokowi

BaperaNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, Akses Evakuasi Merapi, dan Petung-Pakis, Magelang, pada Senin (22/1).

Dalam acara tersebut, Jokowi menyampaikan bahwa anggaran Inpres Jalan Daerah tahun 2023 mencapai Rp 14,6 triliun, dan sebagian besar dana tersebut, yaitu Rp 1,36 triliun, dialokasikan untuk memperbaiki dan membangun 40 ruas jalan di Provinsi Jawa Tengah.

"Di Kabupaten Magelang, dibangun 4 ruas jalan sepanjang 18,2 kilometer dengan biaya Rp 31,9 miliar. Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur ini adalah akses evakuasi untuk Merapi. Sehingga perlu, saya lihat, saya tinjau, sudah selesai," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa ruas jalan ini dirancang dengan menggunakan rigid beton sebagai bahan utama. Keputusan ini diambil untuk meningkatkan keawetan jalan, terutama mengingat jalur ini sering dilalui oleh truk-truk pasir dan kendaraan besar lainnya.

"Kita harapkan dengan dibangunnya jalan ini tidak dengan aspal tapi rigid beton, ini akan memberikan keawetan karena yang lewat di sini adalah truk-truk pasir, (truk) besar, sehingga dibangun dengan rigid beton, kita harapkan ini lebih awet," tambahnya.

Baca Juga : Resmi Beroperasi, Segini Tarif Tol Cinere-Jagorawi

Selain meresmikan ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, yang menjadi akses evakuasi untuk Gunung Merapi, Jokowi juga menyampaikan harapannya agar ruas-ruas jalan lain di Jawa Tengah dapat ditingkatkan kualitasnya.

"Dan besok saya akan melihat beberapa ruas yang lainnya. Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim pada siang hari ini, pelaksanaan Inpres jalan daerah ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, akses evakuasi Merapi dan Petung Pakis di Kabupaten Magelang saya nyatakan diresmikan," ungkap Jokowi.

Dalam acara peresmian jalan evakuasi Merapi tersebut, Jokowi didampingi oleh beberapa menteri, antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Mereka turut menyaksikan penandatanganan prasasti sebagai simbol dimulainya penggunaan ruas jalan tersebut.

Menurut keterangan dari Bina Marga, Jalan Muntilan - Keningar Kabupaten Magelang merupakan bagian dari paket pekerjaan rekonstruksi. Tak hanya itu, pada kawasan yang sama, terdapat paket rekonstruksi lainnya, yaitu Jalan Inpres Desa Sukomakmur.

Baca Juga : Rest Area Tol Cipali Kini Ada Hotel, Berapa Harganya ?