Jokowi Minta JIS Direnovasi Sesuai Standar FIFA

Renovasi JIS menjadi fokus untuk menjadikan stadion tersebut sesuai standar FIFA guna menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Jokowi Minta JIS Direnovasi Sesuai Standar FIFA
Jokowi Minta JIS Direnovasi Sesuai Standar FIFA. Gambar : Inilah.com/Dok. Didik Setiawan

BaperaNews - Indonesia resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang akan diadakan pada November 2023 mendatang. Belum ditentukan di stadion mana saja laga akan dilaksanakan.

Salah satu stadion terbaik yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno tidak memungkinkan untuk dipakai di laga Piala Dunia karena sudah disewa untuk pelaksanaan konser Coldplay.

Konser Coldplay dan ajang Piala Dunia U-17 2023 terlaksana di jadwal yang sama. Maka Indonesia dan FIFA harus putuskan stadion lain untuk jadi salah satu tempat berlaga.

Stadion lain yang juga megah di Jakarta ialah Jakarta International Stadium (JIS). Namun ada sejumlah titik di JIS yang belum sesuai standar FIFA.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotedjo menyebut Presiden Jokowi telah memberi perintah agar JIS direnovasi sesuai standar FIFA agar kelak bisa dipakai menjadi salah satu lapangan tempat Piala Dunia U-17 dilaksanakan di Indonesia.

“Memang Pak Jokowi juga meminta renovasi JIS sesuai standar FIFA. Saya akan datang ke JIS dalam waktu dekat ini” kata Dito. 

Baca Juga : Erick Thohir Jawab Tanda Tanya Lapangan Piala Dunia U 17

Sejumlah catatan terkait JIS yang dianggap belum sesuai standar FIFA ialah area drop off tim, sirkulasi terkait aktivitas di outer perimeter yang menumpuk di barat utara, concourse timur yang belum bisa dipakai, pagar tribun yang kurang kokoh, jalan akses ke stadion belum sesuai standar, kantung parkir, transportasi umum, plafon rendah, dan lainnya.

Maka dengan renovasi JIS, diharap JIS bisa menjadi salah satu venue untuk pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023. Jokowi ingin agar 22 stadion Indonesia bisa dipakai kapanpun dan semuanya sesuai dengan standar FIFA agar bisa dipakai ketika Indonesia mengadakan event nasional maupun ketika jadi tuan rumah dari event dunia.

“Yang pasti target kita itu 22 stadion di Indonesia bisa dipakai kapanpun” pungkas Dito.

FIFA sendiri belum menentukan mana saja venue yang akan dipakai untuk laga Piala Dunia U-17 2023, PSSI sendiri masih menunggu keputusan dari FIFA terkait pemilihan venue.

Meski demikian Presiden Jokowi ingin renovasi JIS sesuai standar FIFA agar bisa dipakai kapanpun, misalnya jika suatu hari nanti Indonesia kembali jadi tuan rumah ajang sepakbola bergengsi atau internasional lainnya.

Baca Juga : Aturan Baru Liga Inggris Soal Lemparan Dalam Ala Arhan Pratama