Jokowi Beri Bantuan Tunai Sebesar 100 Juta Untuk Pengobatan Verawaty Fajrin

Demi pengobatan Verawaty Fajrin, Jokowi beri bantuan sebesar 100 juta untuk pengobatan mantan atlet bulutangkis ini. Jokowi juga menjamin biaya pengobatan gratis dari pemerintah.

Jokowi Beri Bantuan Tunai Sebesar 100 Juta Untuk Pengobatan Verawaty Fajrin
Gambar : nasional.kompas.com

BaperaNews - Legenda Bulutangkis Indonesia yakni Verawaty Fajrin yang saat ini masih dirawat di RS Dharmais Jakarta, mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp 100 Juta dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bantuan tersebut disampaikan langsung oleh Heru Budi Hartono selaku Kepala Sekretariat Presiden.

Pada hari Senin (20/09/20021), Heru bertemu dengan Verawaty di RS Dharmais dan Heru berkata kepada Verawaty kalau ia mengantarkan bantuan dari Bapak Presiden. Kemudian Heru juga menyampaikan bahwa Bapak Presiden menitip salam serta selalu mendoakan untuk kesembuhan Ibu Verawaty.

Selain itu, Jokowi juga meminta kepada Menteri Kesehatan dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dapat memastikan perawatan terbaik untuk Verawaty.

Heru menjelaskan bahwa Jokowi telah meminta pihak Menpora untuk menanggung seluruh biaya pengobatan serta perawatan Verawaty.  Kemudian Jokowi juga meminta kepada Menteri Kesehatan untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada Verawaty . 

Zainudin Amali selaku ketua Menpora juga turut berkunjung ke RS Dharmais guna memastikan perawatan Verawaty sudah berjalan dengan baik.

Zainudin Amali yang pada saat jumpa pers dengan didampingi Direktur Utama RS Dharmais Dokter Suko Nindito dan Fajrin (suami Ibu Verawaty), mengatakan bahwa ia datang ke RS Dharmais secara khusus untuk menyampaikan salam dari Bapak Presiden Joko Widodo kepada Ibu Verawaty.

Diketahui, biaya perawatan Verawaty di RS Dharmais seluruhnya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Selain itu, Kemenpora terus berupaya untuk dapat mengubah status anggota BPJS milik Verawaty dari kelas 2 menjadi kelas 1.

Sementara itu, Anjari Umarjianto selaku perwakilan rumah sakit yaitu Kepala Bagian Hukum, Organisasi dan Humas RS Kanker mengklaim bahwa pihaknya menaruh perhatian khusus serta memberikan fasilitas terbaik untuk Verawaty.

Sebagai informasi, Verawaty merupakan atlet bulutangkis Indonesia yang berprestasi di era 1980-an. Verawaty telah banyak menyumbang gelar baik itu di sektor ganda putri, ganda campuran, maupun tunggal putri.

Verawaty pernah memperoleh juara di sektor tunggal putri pada ajang kejuaraan dunia 1980, mendapatkan medali emas di sektor ganda putri pada ajang Asian Games 1978, Juara ganda putri All England tahun 1979 bersama dengan Imelda Wiguna, serta juara ganda campuran World Cup 1986 bersama Eddy Hartono.

Bahkan, Verawaty juga membawa obor Asian Games 2018 dan langsung menyerahkannya kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada tanggal 17 Agustus 2018, sehari menjelang pembukaan penyelenggaraan Asian Games 2018.