Jika Tak Mampu Perbaiki, Jokowi Akan Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak di Lampung

Presiden Jokowi menyorot kerusakan jalan di Lampung dalam kunjungan kerjanya ke wilayah tersebut pada hari Jumat (5/5) kemarin.

Jika Tak Mampu Perbaiki, Jokowi Akan Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak di Lampung
Gambar : Biro Pers Sekretariat Presiden

BaperaNewsPresiden Jokowi menyorot kerusakan jalan di Lampung dalam kunjungan kerjanya ke wilayah tersebut pada hari Jumat (5/5) kemarin.

Jokowi menyayangkan banyaknya jalan rusak padahal jalan menjadi salah satu infrastruktur yang menentukan kelancaran ekonomi dan mobilitas warga. Jokowi kemudian menginstruksikan Kementerian PUPR untuk mengambil alih dalam proses perbaikannya jika Pemprov Lampung tak mampu menanganinya.

Jokowi Perintahkan Segera Perbaiki Jalan Rusak di Lampung

“Secepatnya segera dimulai perbaikan jalan rusak di Lampung, yang sekiranya Provinsi tidak punya kemampuan dan kabupaten tidak punya kemampuan, ya biar diambil alih Kementerian PU, terutama yang jalan rusak parah. Clear?” tutur Jokowi.

Presiden Jokowi dalam kunjungannya tersebut mengecek jalan-jalan yang rusak parah, ia ingin melihat langsung kebenaran dari video kondisi jalan yang belakangan ramai beredar di media sosial. Menurut Jokowi, kondisi jalan berhubungan erat dengan kesejahteraan masyarakat, sebab berdampak pada ekonomi dan inflasi. 

Baca Juga : Lewati Jalan Rusak, Jokowi Minta Pemda Lampung Segera Perbaiki Jalan!

“Kita melihat inflasi, lihat harga-harga, tapi juga infrastruktur jalannya, karena ini jadi kunci logistik, itu bergantung pada baik tidaknya infrastruktur yang dimiliki” imbuhnya. Dalam kunjungan ke Lampung tersebut Jokowi ditemani oleh Mendag Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Kendaraan Berjalan Sangat Pelan Ketika Kunjungan

Salah satu jalan rusak di Lampung yang dicek ialah Jalan Terusan Ryacudu, Lampung Selatan yang amat rusak kondisinya, lubang penuh, genangan air tersebar di hampir semua titik, juga aspal yang mengelupas.

Mobil Jokowi dan rombongan harus berjalan sangat pelan agar tidak terperosok ke dalam lubang. Nampak pula motor personel keamanan jalan berkelok-kelok  dan sulit mencari jalur untuk dilewati karena kerusakan yang sangat parah.

“Ini karena memang sudah lama, akan diambil alih pemerintah pusat” tegas Jokowi.

Ucapan Jokowi pun disambut riuh oleh warga yang hadir, warga senang jalan di wilayahnya akan segera diperbaiki. Namun Jokowi menegaskan tidak semua jalan rusak tanggung jawab pemerintah pusat. Jokowi menyebut ada anggaran Rp 800 Miliar untuk perbaikan sejumlah jalan di Lampung.

Presiden Jokowi : Laporkan ke Saya Kalau Ada Jalan Rusak di Daerah Anda

Jokowi ambil alih jalan rusak Lampung dengan meminta warga melaporkan jika ada jalan di daerahnya yang rusak, bisa di Twitter atau Instagram resmi Jokowi.

“Jika jalan di daerah Anda masih rusak parah dan lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya di kolom komentar Instagram atau kirim videonya ke pesan di Twitter” pungkas Jokowi.

Baca Juga : Hotman Paris Bersedia Bantu Bima TikToker yang Kritik Lampung