Jepang Akan Beri Rumah Gratis Untuk Para Tenaga Kerja

Jepang membuka program magang khusus yang menawarkan kesempatan kerja di Jepang dengan fasilitas biaya perjalanan dan akomodasi. Simak selengkapnya!

Jepang Akan Beri Rumah Gratis Untuk Para Tenaga Kerja
Jepang Akan Beri Rumah Gratis Untuk Para Tenaga Kerja. Gambar : m-louis/Flickr

BaperaNewsJepang terkenal sebagai salah satu negara dengan gaji tinggi untuk karyawan. Jepang jadi negara yang banyak dikunjungi pekerja untuk mengadu nasib, termasuk para pekerja dari Indonesia.

Bekerja di Jepang disebut bisa mendapat upah tinggi dengan lingkungan kerja yang baik meski juga harus siap dengan kebiasaan disiplin tinggi dan budaya lainnya.

Jepang saat ini membuka program khusus untuk semua orang yang ingin bekerja dan tinggal di wilayahnya yang bertajuk “Japan Internship Program” yang merupakan program kerjasama antara pemerintah Jepang dengan berbagai perusahaan di Jepang mulai dari yang berskala kecil hingga menengah.

Program tenaga kerja ini akan memberi biaya kepada para pekerja yang lolos seleksi bekerja di Jepang untuk biaya perjalanan ke Jepang, memberi rumah gratis di Jepang atau dengan harga jauh lebih murah dibanding harga pasar, dan kebutuhan dasar lain selama bekerja di Jepang. Program tenaga kerja 100% legal, resmi dijalankan oleh pihak pemerintah.

“Hal ini dilakukan agar para pekerja itu mau tinggal menetap dan kerja di Jepang dimana saat ini Jepang memang sedang krisis tenaga kerja muda karena adanya resesi seks” ungkap akun TikTok @shumatsuopost yang mengunggah informasi program rumah gratis di Jepang untuk pekerja tersebut. 

Baca Juga : Demi Warganya Mau Punya Anak, Jepang Akan Berikan Uang Rp 376 T

Cara Mendaftar Japan Internship Program

Cara mendaftar program rumah gratis di Jepang ini ialah dengan membuka ke laman resmi pemerintah Jepang yaitu dengan langkah berikut :

  • Buka website resmi meti.go.jp
  • Ketik Japan Internship Program di kolom pencarian
  • Klik “Application Overview for Foreign Nationals”
  • Akan dijelaskan syarat dan ketentuan mengikuti program tersebut
  • Klik “Entry for Foreign Nationals”
  • Isi form pendaftaran dan kirim

Tunggu proses verifikasi, akan muncul pemberitahuan lolos atau tidak. Program dibuka tiap tahun, bagi peserta yang tidak lolos masih bisa mencoba di tahun berikutnya.

Bagi yang tidak ingin menetap di Jepang pun tidak masalah, pemerintah Jepang tidak memaksa pekerja untuk menetap, tetap memberi pilihan sesuai kontrak kerja yang ada.

Hanya pekerja dengan lulusan jurusan atau pengalaman yang dibutuhkan yang akan dihubungi. Syarat dan ketentuan berlaku yakni bersedia belajar bahasa Jepang standar dan syarat lain yang dijelaskan ketika pendaftaran.

Demikian informasi pekerjaan di Jepang dengan fasilitas biaya transportasi dan rumah tinggal, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Viral Mahasiswa Indonesia Magang 14 Jam Sehari di Jepang Tanpa Libur