Ini Alasan Pangeran William Tak Langsung Dapat Gelar Prince Of Wales

Pangeran Charles menyandang gelar Raja Charles III usai Ratu Elizabet II meninggal, namun Pangeran William Tak Langsung Dapat Gelar Prince Of Wales. Ini alasannya!

Ini Alasan Pangeran William Tak Langsung Dapat Gelar Prince Of Wales
Ini Alasan Pangeran William Tak Langsung Dapat Gelar Prince Of Wales. Gambar : AFP/Dok. Ian Vogler

BaperaNews - Wafatnya pewaris takhta Inggris Ratu Elizabeth II akan mengubah struktur kerjaan Inggris terkait dengan takhta kerajaan. Berdasarkan dengan aturan wajib kerajaan, kini Pangeran Charles menyandang gelar Raja Charles III.

Sementara itu, sang istri, Camilla Parker Bowles atau yang memiliki nama lahir Camilla Rosemary Shand akan secara resmi mendapat gelar baru, Queen Consort alias Permaisuri.

Takhta raja Inggris yang didapatkan oleh Charles menjadi rekor baru sebagai raja tertua yang naik takhta. Rekor ini sebelumnya dipegang oleh William IV, yang naik takhta pada 1830 ketika dia berusia 64 tahun. Charles juga memegang gelar pewaris takhta Inggris tertua dan terlama dalam sejarah.

Takhta baru itu secara otomatis turut menjadikan Charles tak lagi sebagai posisinya sebagai Prince of Wales.

Seperti diketahui, Charles yang merupakan putera sulung Ratu Elizabeth II itu diberi gelar Pangeran Wales pada usia 10 tahun. Dia menjalani penobatan di Kastil Caernarvon pada tahun 1969. Status itu diberikan karena takdirnya sebagai anak seorang raja.

Kendati demikian, Pangeran William yang merupakan putera sulung dari Raja Charles III tidak serta merta mewarisi takhta sebagai Prince of Wales.

Baca Juga : Pangeran Charles Resmi Dinobatkan Jadi Raja Inggris Hari Ini

Dilansir Independent, Jumat (9/9), aturan kerajaan memberikan wewenang kepada Charles untuk menjadikan Pangeran William sebagai Prince of Wales ataupun tidak. Pangeran William saat ini mendapuk dua gelar: Duke of Cornwall dan Cambridge. Gelar serupa juga untuk sang istri Kate Middleton: Duchess of Cornwall and Cambridge

Gelar Duke of Cambridge sebelumnya diberikan kepada Pangeran William setelah pernikahannya dengan Kate Middleton pada 2011. Takhta baru Ini sangat memungkinkan Pangeran William akan mewarisi Duchy Cornwall - sebuah perkebunan yang setara dengan 150.000 hektar dan pendapatan diperkirakan £ 20 juta per tahun.

Namun demikian, Jika Pangeran William diberikan gelar Prince of Wales oleh Raja Charles III, maka Kate otomatis akan menyandang gelar Princess of Wales.

Diberitakan sebelumnya, Raja Charles III dan permaisurinya, Camilla Rosemary, dikabarkan telah meninggalkan Kastel Balmoral, Skotlandia dan dilaporkan akan berangkat ke Istana Buckingham di London, Inggris.

BBC melaporkan bahwa ini merupakan kali pertama Charles terlihat di publik setelah ditunjuk menjadi raja Inggris usai ibunya, Ratu Elizabeth II, meninggal dunia di Balmoral pada Kamis (8/9).

Dalam foto yang dirilis BBC, Charles terlihat sedang di dalam mobil bersama empat orang lainnya, termasuk Camilla. Ia dilaporkan menuju Bandara Aberdeen. Pengumuman Charles sebagai raja Inggris diketahui diagendakan Istana Buckingham pada Sabtu (10/9).

Baca Juga : Kode Rahasia Yang Sering Dipakai Ratu Elizabeth II Bila Dalam Bahaya