Rusia Pastikan Putin Hadir Di KTT G20 Bali, Pertanda Kunjungan Jokowi Ke Ukraina Aman?

Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan akan hadir dalam acara KTT G20 yang akan dilaksanakan di Bali, Indonesia pada November 2022 mendatang.

Rusia Pastikan Putin Hadir Di KTT G20 Bali, Pertanda Kunjungan Jokowi Ke Ukraina Aman?
Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan akan hadir dalam acara KTT G20 yang akan dilaksanakan di Bali, Indonesia pada November 2022 mendatang.Gambar : Dok. Alexey DRUZHININ / AFP

BaperaNews - Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan akan hadir dalam acara KTT G20 yang akan dilaksanakan di Bali, Indonesia pada November 2022 mendatang. Penasehat Putin, Yury Ushakov menyampaikan Presiden Jokowi telah mengundang Putin untuk hadir di KTT G20 Bali dan Putin telah menerima serta mengkonfirmasi undangan tersebut.

 “Ya, kami telah mengkonfirmasi undangan. Partisipasi kami di KTT G20 sudah pasti” ujarnya di Moskow hari Senin 27 Juni 2022. Belum dikonfirmasi apakah kunjungan tersebut dalam bentuk langsung atau melalui video.

“Saya tidak tahu pasti, saat ini Indonesia mengundang partisipasi secara personal, tapi masih banyak waktu, saya harap di tengah kondisi pandemi seperti ini akan tetap bisa hadir di forum penting seperti ini tatap muka, saya menghindari berspekulasi” imbuhnya.

“Kami sudah menerima undangan secara resmi, yang penting mengingat saat ini tekanan telah muncul dan masih dihadapi oleh masyarakat Indonesia” terangnya.

Ushakov menegaskan, masalah ini akan dibahas di agenda kunjungan Presiden Jokowi ke Moskow pada hari Kamis mendatang 30 Juni 2022. “Kami berterima kasih atas undangannya dan mengatakan bahwa kami tertarik untuk berpartisipasi, masih banyak waktu yang tersisa, kita lihat saja nanti” tuturnya.

Baca Juga : Jokowi Dirangkul Joe Biden di KTT G7, Hingga Dukung Pupuk Rusia

Sejak Rusia menjalankan operasi militer ke Ukraina, Indonesia juga menjadi sorotan dunia internasional karena memegang Presidensi G20 tahun 2022 ini, sejumlah Negara anggota G20 lain menolak kehadiran Rusia, seperti Amerika Serikat, Australia, dan Uni Eropa.

Namun Negara pendukung Rusia lain juga kukuh untuk Rusia tetap hadir dan diundang seperti China, Korea Utara, dan India. Amerika Serikat sempat mengancam tidak akan hadir jika Presiden Putin hadir, meski begitu Indonesia memutuskan tetap mengundang Rusia.

Jokowi juga melakukan kunjungan ke Rusia dan Ukraina untuk bertemu presiden kedua Negara tersebut dengan membawa misi perdamaian. Sejumlah pengamat menyebut Jokowi melakukan kunjungan demi kelancaran acara KTT G20 Bali, yakni agar kedua Negara bisa hadir dan sama-sama mempertimbangkan misi perdamaian.

KTT G20 Bali sendiri ialah forum membahas ekonomi dunia dimana di masa pandemi ekonomi turun, Negara KTT G20 akan bersama-sama memikirkan solusi untuk menangani krisis pangan dan krisis energi yang saat ini terjadi di sejumlah Negara.

Rusia sendiri terhitung sebagai salah satu Negara anggota G20 yang penting dimana ia salah satu Negara pemegang kendali ekspor minyak gas dan pangan yang terbesar di dunia. Serta Ukraina juga Negara penghasil dan pengekspor gandum terbesar di dunia.