Jemaah Haji Mengikuti Nafar Awal, Fahd A Rafiq : Mulai Dipulangkan ke Mekkah Dari Jumat

Jemaah haji Indonesia yang mengambil nafar awal atau meninggalkan Mina pada 12 Dzulhijjah diberangkatkan ke Mekkah untuk proses haji selanjutnya. Simak beritanya!

Jemaah Haji Mengikuti Nafar Awal, Fahd A Rafiq : Mulai Dipulangkan ke Mekkah Dari Jumat
Jemaah Haji Mengikuti Nafar Awal, Fahd A Rafiq : Mulai Dipulangkan ke Mekkah Dari Jumat. Fahd A Rafiq. Gambar : Istimewa

Bapera News - Para jemaah haji Indonesia yang merencanakan nafar awal dapat meninggalkan Mina untuk kembali ke hotel setelah selesai menjalani lempar jumrah dan tahalul awal. Nafar awal adalah jamaah yang mengambil pilihan untuk keluar dari Mina pada 12 Dzulhijah sebelum terbenamnya matahari.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd A Rafiq, Jemaah haji Indonesia yang mengambil nafar awal atau meninggalkan Mina pada 12 Dzulhijjah diberangkatkan ke Mekkah untuk melanjutkan tahapan haji berikutnya, Tawaf Ifadah. Tanggal 12 Dzulhijjah jadi hari terakhir bagi jemaah melempar jumrah Ula Wusta Akobah yang memilih mengambil nafar awal.

Baca Juga : Terjadi Ledakan Besar di Paris, Fahd A Rafiq : Semoga Tidak Ada WNI

“Para jemaah haji asal Indonesia yang mengambil nafar awal dapat meninggalkan Mina pada 12 Dzulhijjah, untuk diberangkatkan ke Mekkah melanjutkan tahapan haji berikutnya yaitu Tawaf Ifadah. Jumat kemarin adalah hari terakhir bagi jemaah melempar jumrah bagi yang mengambil nafar awal.” Ujar Fahd A Rafiq.

Jemaah haji menginap di Mina selama 3-4 hari untuk melaksanakan wajib haji yakni mabit di Mina dan lempar jumrah di Jamarat.

Penjemputan jemaah haji nafar awal jemaah haji Indonesia ini terbagi menjadi dua waktu, yakni diberangkatkan pada pagi hari pukul 05.00-09.00 Waktu Arab Saudi (WAS) dan sisanya 13.00-16.00 WAS. Ada 5 bus yang akan membawa jemaah haji dari Mina ke Mekkah.

“Penjemputan jemaah haji yang mengikuti nafar awal dibagi menjadi dua waktu, para jemaah diberangkatkan pada pagi hari dan sore hari waktu Arab Saudi, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji telah menyiapkan sekitar 5 bus yang akan membawa jemaah haji dari Mina ke Mekkah.” Tutup Fahd A Rafiq.

Baca Juga : HUT Bhayangkara Ke-77 Fahd A Rafiq: Polri Presisi untuk Negeri