Jawab Tudingan Riya, Ustaz Solmed Bela Diri Pake Ayat Alquran tentang Pamer Harta

Ustaz Solmed memberikan tanggapan atas tudingan pamer harta dengan merujuk pada ayat Al-Quran. Baca selengkapnya di sini!

Jawab Tudingan Riya, Ustaz Solmed Bela Diri Pake Ayat Alquran tentang Pamer Harta
Jawab Tudingan Riya, Ustadz Solmed Bela Diri Pake Ayat Alquran tentang Pamer Harta. Gambar: Instagram/@ustad_solmed

BaperaNews - Ustaz Solmed, yang tengah menjadi sorotan publik atas tudingan pamer harta, membela diri dengan merujuk pada ayat Al-Quran yang menurutnya mendukung tindakan tersebut. 

Pada Senin (22/1/2024), Ustaz Solmed mengutip ayat Al-Quran yang, menurutnya, menganjurkan manusia untuk memperlihatkan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. 

"Itu ayat menunjukkan bahwa kalau kita dapat nikmat Allah, tampakkan. Kemudian saya menampakkan," tuturnya. Ustaz Solmed menekankan bahwa penilaian terhadap perbuatan pamer harta seharusnya berfokus pada niat pribadi masing-masing individu.

Dalam klarifikasinya, Ustaz Solmed menjelaskan bahwa perbuatan riya, atau pamer harta, hanya dapat diketahui oleh orang yang berbuat dan Allah.

"Iya niat si pemakainya, dan itu tidak boleh diintervensi oleh orang yang bukan dirinya. Yang tahu riya kan cuma dirinya dan Allah. Orang lain tidak bisa masuk ke ranah hati orang," ungkap Ustaz Solmed.

Terkait unggahan terkait rumah mewah barunya, Ustaz Solmed mengaitkannya dengan hadist Nabi.

Baca Juga: Pamer Rumah Mewah, Ustadz Solmed Senang Dipantau Ditjen Pajak

"Di antara tanda-tanda kebahagiaan itu, satu, dia punya rumah yang bagus," sebut Ustaz Solmed. Dalam hadist tersebut, juga dijelaskan ciri-ciri orang bahagia, termasuk memiliki tetangga yang baik dan kendaraan yang bagus.

Meskipun mendapat tudingan telah menggunakan dana umat untuk membangun rumahnya, Ustaz Solmed, suami April Jasmine menegaskan bahwa uang yang digunakan berasal dari hasil bisnis pribadinya.

"Kalau orang bisnis, orang dagang, kan memang pakai dana umat. Dia beli kan pakai duit dia," jelasnya. Ia juga menambahkan bahwa pembangunan rumah megah tersebut memiliki dampak positif, seperti menciptakan lapangan kerja dan memberikan manfaat sosial.

Ustaz Solmed menyampaikan tujuan positif dari pembangunan rumahnya.

"Uang itu kita pakai untuk membesarkan tempat bisnis kita. Berapa orang yang nganggur jadi kerja? Berapa orang yang selamat keluarga dan anaknya?" tegasnya. Dengan membangun rumah besar, ia juga memberikan pekerjaan kepada puluhan tukang, mendukung pendidikan anak-anak mereka, dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Meskipun mendapat komentar negatif, Ustaz Solmed singgung ayat Alquran ini tetap menekankan bahwa pembangunan rumahnya memiliki dampak positif yang lebih luas. Selain itu, ia merujuk pada ajaran agama dan hadist Nabi sebagai landasan pembelaannya terhadap tudingan pamer harta yang difokuskan kepadanya.

Baca Juga: Rumah Mewah Baru Ustaz Solmed: Luas 4000 M2, Pom bensin, Lapangan Futsal, Hingga Sirkuit Mini