Ini Dia Penyebab Munculnya Flek Hitam Pada Wajah!

Flek hitam pada wajah menjadi salah satu masalah kulit yang paling banyak dihindari. Ini dia penyebab timbulnya bintik hitam yang mengganggu tersebut!

Ini Dia Penyebab Munculnya Flek Hitam Pada Wajah!
Ini Dia Penyebab Munculnya Flek Hitam Pada Wajah. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Selain kulit yang mulai kendur, timbulnya flek hitam pada wajah menjadi salah satu masalah kulit yang paling banyak dihindari oleh kebanyakan orang. Flek hitam juga menjadi alasan wanita mengunjungi dokter kulit. Meski tidak memberikan efek yang berbahaya, tetapi flek hitam dapat membuat warna kulit wajah menjadi tidak rata apalagi jika bintik-bintik flek hitamnya memiliki ukuran yang cukup lebar.

Flek hitam atau hiperpigmentasi akan terjadi saat kulit Anda memproduksi melanin yang lebih banyak dibanding normalnya. Melanin sendiri merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit. Melanin yang terlalu berlebihan nantinya akan disimpan di bawah kulit yang akan membuat warna kulit menjadi lebih gelap jika dibanding daerah kulit lainnya.

Baca Juga : 12 Makanan Lebaran dari Berbagai Negara di Dunia, Tidak Hanya Ketupat

Ada beberapa penyebab utama yang menyebabkan hiperpigmentasi, antara lain terkena paparan sinar matahari, melasma yang disebabkan karena adanya  ketidakseimbangan hormonal, pasca-peradangan pada kulit wajah seperti eksim atau jerawat, serta kondisi medis tertentu

Penyebab paling umum memang karena paparan sinar matahari, sehingga penggunaan tabir surya atau sunscreen dengan kadar SPF minimal sebesar 30 sangat dianjurkan untuk menghindari hal ini.

Meski begitu, kebanyakan wanita baru mencari solusi setelah flek hitam mulai muncul dan mengganggu. Terapi di dokter kecantikan memang dapat membantu, namun sebenarnya penggunaan skincare dengan whitening agent dapat dimanfaatkan dalam mengurangi flek hitam di wajah meskipun hasilnya akan lebih lama.

Baca Juga: Fenomena Hampers Lebaran, Kenapa Jadi Tren?