Fahd A Rafiq Berpesan Terkait Peran Bersejarah Sumpah Pemuda dalam Pembentukan Identitas Bangsa Indonesia

Pahami lebih dalam makna dan sejarah Sumpah Pemuda 1928 yang menjadi simbol persatuan dan perjuangan bangsa Indonesia.

Fahd A Rafiq Berpesan Terkait Peran Bersejarah Sumpah Pemuda dalam Pembentukan Identitas Bangsa Indonesia
Fahd A Rafiq Berpesan Terkait Peran Bersejarah Sumpah Pemuda dalam Pembentukan Identitas Bangsa Indonesia. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Sumpah Pemuda adalah suatu momen bersejarah yang telah memainkan peran penting dalam pembentukan identitas bangsa Indonesia. Berlangsung pada tanggal 28 Oktober 1928, Sumpah Pemuda diucapkan oleh sekelompok pemuda Indonesia yang berkumpul di Jakarta. Pada peringatan Sumpah Pemuda ini, mari kita melihat lebih dalam mengenai sejarah dan makna pentingnya dalam perjalanan bangsa Indonesia.

Sumpah Pemuda merupakan manifestasi dari semangat perjuangan dan kesatuan para pemuda Indonesia yang berjuang untuk mencapai kemerdekaan dari penjajahan Belanda.

Gerakan ini diinisiasi oleh tiga organisasi pemuda Indonesia terkemuka pada saat itu: Jong Java, Jong Sumatranen Bond, dan Jong Bataks Bond. Dalam Kongres Pemuda II, para pemuda ini bersatu dan menegaskan tekad mereka untuk mempersatukan nusa dan bangsa Indonesia di bawah satu bahasa, satu tanah air, dan satu bangsa.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, menyatakan bahwa semangat sumpah pemuda yang dibawa saat ini merupakan semangat yang harus menggambarkan bahwa itu adalah semangat para pemuda dahulu yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sejak masa muda.

“Pemuda saat ini yang merupakan para pemuda yang menjadi agen perubahan bangsa nantinya akan memegang tongkat kepemimpinan dari bangsa Indonesia, saat ini semangat pemuda menjadi titik poin utama dalam semangat mengubah bangsa Indonesia.” Ujar Fahd A Rafiq, Sabtu (28/10).

Sumpah Pemuda diucapkan dengan tekad dan semangat tinggi oleh pemuda-pemuda yang berada di Kongres Pemuda II. Pernyataan mereka menegaskan komitmen untuk memajukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, melawan penindasan Belanda, dan mengupayakan persatuan seluruh etnis yang ada di Indonesia. Sumpah ini membawa semangat persatuan dan perjuangan yang kemudian menjadi pilar penting dalam perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia.

Salah satu elemen penting dari Sumpah Pemuda adalah penekanan pada penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Bahasa Indonesia telah menjadi lambang persatuan di antara beragam etnis dan budaya yang ada di Indonesia. Keberhasilan dalam memajukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional telah memainkan peran besar dalam mempersatukan bangsa Indonesia.

Sumpah Pemuda juga memunculkan semangat nasionalisme yang kuat di kalangan pemuda Indonesia. Mereka menyadari bahwa kemerdekaan Indonesia hanya bisa dicapai dengan bersatu dan berjuang bersama. Semangat persatuan ini menjadi landasan bagi gerakan kemerdekaan yang melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

“Peringatan Sumpah Pemuda setiap tahunnya saat yang tepat bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merenungkan makna penting persatuan dan perjuangan dalam sejarah bangsa ini.” Ujar Fahd A Rafiq, Sabtu (28/10).

Dalam dunia yang terus berkembang, semangat Sumpah Pemuda harus tetap hidup dan menjadi panduan dalam menjaga persatuan dan memajukan bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda adalah tonggak sejarah yang mengingatkan kita akan harga dan arti pentingnya kemerdekaan serta persatuan dalam membangun masa depan yang lebih baik untuk Indonesia.

Penulis : Ahmad G