Ernest Prakasa Dihujat Soal Magang Cari Pengalaman Bukan Uang

Komedian, Ernest Prakasa, mendapat reaksi keras di Twitter setelah berbagi pemikiran tentang pentingnya pengalaman selama magang.

Ernest Prakasa Dihujat Soal Magang Cari Pengalaman Bukan Uang
Ernest Prakasa Dihujat Soal Magang Cari Pengalaman Bukan Uang. Gambar : Instagram/@ernestprakasa

BaperaNews - Komika Ernest Prakasa diserang di Twitter oleh warganet usai menyebut mahasiswa seharusnya fokus mencari pengalaman ketika magang di suatu perusahaan, bukan malah mencari uang.

Menurutnya, mahasiswa yang kuliah sambil magang sangat baik, bisa memberi pengalaman berharga untuk mahasiswa sebelum lulus dan masuk ke dunia kerja yang sebenarnya.

Hal tersebut disampaikan Ernest ketika berbagi pengalamannya di acara roadshow Jernih Memilih x Gaspol yang diadakan Fakultas Hubungan Internasional Universitas Padjajaran pada hari Minggu (27/8).

Acara roadshow Jernih Memilih x Gaspol sendiri ialah acara edukasi dan motivasi untuk anak muda agar bisa tentukan pilihan tepat untuk langkah hidupnya terkait karir dan pekerjaan.

“Kalau soal terganggu mengatur waktu dan energi pastinya menantang. Cuman, kuliah sambil kerja, kuliah sambil magang, saya sangat merekomendasikan. Wajib malah menurutku” ucap Ernest Prakasa. 

Baca Juga : Viral Mahasiswa Indonesia Magang 14 Jam Sehari di Jepang Tanpa Libur

Hanya saja, Ernest merasa heran kenapa banyak mahasiswa justru merasa diperbudak ketika sedang magang. Ketika magang biasanya memang mendapat banyak pekerjaan dan itu bukan masalah sebab magang untuk mencari pengalaman, bukan gaji.

“Beberapa waktu lalu aku Ernest Prakasa diserang di Twitter di akun-akun confess-confess atau workfess itulah. Terus sendernya cerita, dia magang dapet gaji kecil dan sangat overwork. Ketika aku komentar magang itu emang bukan gaji yang dicari tapi pengalaman” imbuhnya.

Ernest menyebut mahasiswa memang harus ubah pola pikir mereka terkait magang. Ia meminta mahasiswa berpikir positif bisa mendapat pengalaman gratis selama magang. Lagipula mahasiswa juga harus selesaikan kuliah terlebih dahulu baru bisa bekerja.

“Jadi mindsetnya yang perlu diubah. Mungkin ada temen-temen mahasiswa yang merasa, kok aku dimanfaatkan, kok aku cuma dibayar segini tapi aku disuruh lakukan semua ini. Mindsetnya harus dibalik. Disini aku enggak harus bayar tapi bisa menyerap banyak pengalaman kerja, begitu. Kita aja misalnya kursus disuruh bayar. Jadi buatku magang itu belajar, bukan cari duit, kan kuliahnya belum beres” lanjutnya.

Ernest Prakasa diserang di Twitter meski ia telah menekankan ia tidak bermaksud berpihak pada korporasi atau employer namun ia hanya ingin mahasiswa mengubah mindset mereka tentang magang.

Bahwa ketika telah lulus kuliah dan mencari kerja, seseorang yang telah ada pengalaman kerja seperti maganglah yang justru akan lebih diperhitungkan sebab itu magang meski gajinya sedikit, memberi untung besar di sisi pengalaman maupun bekal.

“Jadi magang dapat praktik langsung, kita tahu hal besar terkait pekerjaan. Misalnya apa yang benar-benar harus dikerjakan, ketemu bos itu gimana, ketemu rekan kerja yang nyebelin atau yang suka cari muka itu gimana, kan itu semuanya dirasakan langsung. Jadi magang jadi kesempatan buat teman-teman untuk tahu seperti apa dunia kerja yang real” pungkas Ernest di acara roadshow Jernih Memilih x Gaspol.

Baca Juga : Daftar Lowongan Kerja Part Time September 2023, Boleh WFH!