Diduga Produknya Ada Zat Pemicu Kanker, Indofood Buka Suara

Direktur PT Indofood Franky Welirang buka suara tentang dugaan adanya zat pemicu kanker di salah satu produknya yakni Indomie kuah rasa Ayam Spesial.

Diduga Produknya Ada Zat Pemicu Kanker, Indofood Buka Suara
Indofood Buka Suara Soal Produknya Ada Zat Pemicu Kanker. Gambar : TrenAsia/Dok. Ismail Pohan

BaperaNews - Baru-baru produk Indofood Indomie kuah ayam spesial ditarik dari pasar Taiwan karena dianggap memiliki kandungan zat pemicu kanker melebihi batas aman yang ditetapkan. Produk tersebut diminta untuk dihentikan peredarannya oleh penjual, seluruh produk dihancurkan.

Hal ini diketahui usai Departemen Pangan dan Kesehatan setempat melaksanakan operasi untuk pemeriksaan keamanan produk di pasaran.

Produk yang dimaksud oleh Departemen Taiwan yakni mengandung zat pemicu kanker juga beredar di Indonesia. Direktur PT Indofood Franky Welirang pun buka suara, menurutnya produk Indofood yang beredar di Indonesia maupun di luar negeri selama ini sebenarnya sudah sesuai dengan aturan badan pengawas obat dan makanan di tiap wilayah seperti BPOM Indonesia.

“Pada prinsipnya, kita sudah ikuti aturan BPOM dan GDA sari negara yang mengimpor produk kami” tuturnya singkat pada Selasa (26/4). Franky belum bisa berkomentar banyak tentang kasus produknya yang di Taiwan sebab pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kandungan zat pemicu kanker.

Produk Indomie kuah ayam spesial ini dianggap berbahaya, produk lain dari Malaysia bernama Ah Lai Mie Kari Putih juga terdeteksi serupa dan ditarik dari pasaran bersamaan dengan produk Indomie dari Indonesia.

Baca Juga : Kini Giliran Malaysia Tarik Indomie Rasa Ayam Spesial Karena Zat Pemicu Kanker

Indomie kuah ayam spesial dan Lai Mie kari putih dianggap memiliki kandungan etilen oksida yang melebihi batas dimana senyawa ini dianggap membawa resiko kanker kelenjar getah bening dan kanker lainnya. Etilen oksida disebut ditemukan di bumbu Indomie dan di mie serta bumbu Lai Mie.

Kemenkes Taiwan kemudian menegaskan bahwa kedua produk tersebut harus segera ditarik dari pasaran dan akan dihancurkan. Sementara importir dan pihak terkait yang berperan memproduksi akan didenda 60 ribu - 200 juta dolar Taiwan.

Franky belum menjelaskan lebih lanjut apa kandungan Indomie kuah ayam spesial yang beredar di Indonesia dan Taiwan memiliki kandungan yang sama. Adanya kabar ini juga mengundang kekhawatiran konsumen Indomie di Indonesia.

Selama ini produk Indomie memang diekspor ke berbagai negara dunia dan difavoritkan oleh banyak warga dunia. Sebelumnya hal serupa juga pernah terjadi pada produk Indonesia yakni produk Mie Sedaap yang pernah ditarik dari pasar Singapura karena dicurigai memiliki kandungan berbahaya.

Pada akhirnya masalah bisa selesai dan produk Indomie dari Indonesia tetap bisa beredar dan jadi favorit banyak warga dunia.

Baca Juga : Taiwan Temukan Zat Pemicu Kanker di Produk Mie Instan Asal Indonesia