Desing Tembakan Warnai Evakuasi Korban KKB Di Bandara Ilaga

Polisi menyebut ada suara tembakan di Bandara Ilaga, kabupaten Puncak ketika pesawat sedang mengevakuasi korban KKB menuju Mimika, Papua!

Desing Tembakan Warnai Evakuasi Korban KKB Di Bandara Ilaga
Ilustrasi Evakuasi Korban KKB. Gambar: ANTARA FOTO/Jeremias Rahadat

BaperaNews - Polisi menyebut ada suara tembakan di Bandara Ilaga, kabupaten Puncak ketika pesawat sedang mengevakuasi korban KKB menuju Mimika, Papua.

“Ya tadi pagi ada suara tembakan di sekitar Bandara Ilaga, dimana saat itu ada proses pengamanan evakuasi korban penembakan KKB” ujar Kabid Humas Polda Papua, Komes Ahmad Musthofa kepada awak media hari Jumat 13 Mei 2022.

Setidaknya ada tiga buah pesawat terbang yang take off menuju Mimika ketika ada suara tembakan, menurutnya, setelah tiga pesawat tersebut berhasil terbang, ada pesawat kargo yang akan mendarat di Bandara, namun pilot membatalkannya setelah mendapat info ada suara tembakan.

“Ketika kejadian, personel yang masih ada di  Bandara Ilaga langsung mencari sumber tembakan dan untuk pesawat kargonya batal mendarat” imbuhnya.

Belum dijelaskan lebih lanjut berapa jumlah korban yang berhasil dievakuasi lewat Bandara Aminggaru Ilaga, namun sebelumnya dilaporkan ada seorang sopir tewas ditembak orang tidak dikenal di Ilaga, yakni bernama Nober Palintin, ia ditembak saat sedang mengambil pasir di kali Ilame, Kampung Wako, Distrik Gome, Ilaga hari Rabu 11 Mei 2022.

Baca Juga: Ratusan ASN Doa Bersama Sebelum Walikota Ambon Jadi Tersangka KPK

Polisi juga mengklaim situasi di dekat Bandara saat ini sudah aman dan kondusif dan aktivitas penerbangan sudah kembali lancar. Sebelumnya KKB Papua dikabarkan menembak pesawat kargo milik Asian One yang akan mendarat di Bandara Ilaga, terjadi pada jam 10.00 WIT dan dibenarkan oleh pengelola Bandara Aminggaru Ilaga, Herman Sutijo.

Namun pihak maskapai belum memberi respon terkait kabar tersebut. Eskalagi Ilaga di Papua meningkat dalam beberapa hari terakhir, Nober sendiri ditembak pada hari Rabu 11 Mei 2022 oleh KKB, jasadnya sempat hilang hingga akhirnya ditemukan pada Kamis siang 12 Mei 2022 di Ilaga. Sebelumnya KKB juga menembak seorang warga bernama Samsul Sattu di Ilaga pada 25 April 2022 dan pelaku melarikan diri ketika polisi datang untuk menolong korban.

Hal ini tentunya membuat ketakutan pada warga Papua, dari pihak militer belum memberi keterangan lebih lanjut tentang tindakan tegas yang akan diberikan kepada KKB yang telah banyak berbuat keonaran akhir-akhir ini, tentunya diperlukan tindakan tegas agar bisa memberi efek jera dan memberi kedamaian pada warga Papua.

Baca Juga: Muncul Ancaman Wabah PMK, ID Food Lakukan Strategi Antisipasif