Cara Tukar Sampah Jadi Saldo E-Money Di Bank BSI

Ada cara baru untuk mendapat uang dengan cara tukar sampah jadi saldo E-Money di Bank BSI. Berikut cara tukar sampah jadi uang!

Cara Tukar Sampah Jadi Saldo E-Money Di Bank BSI
Ubah sampah jadi saldo E-money dengan mesin RVM. Gambar : koran-jakarta.com/Wahyu AP

BaperaNews - Ada cara baru untuk mendapat uang jajan tambahan, yaitu dengan menukar botol plastik ke vending machine milik Bank Syariah Indonesia (BSI).

Cara tersebut dapat melayani penukaran botol plastik menjadi saldo yang otomatis masuk ke rekening BSI. Mereka menyebutnya Reverse Vending Machine (RVM) BSI.

Inovasi membuat mesin tukar botol plastik yang dapat ditukar dengan E-money ini untuk menumbuhkan kebiasaan memilah sampah agar bisa didaur ulang diciptakan oleh BSI agar bisa mendukung ekonomi Indonesia. Upaya ini juga dilakukan untuk menerapkan green activity dalam hal transisi energi berkelanjutan. 

Sampai hari ini, mesin RVM ada di beberapa titik di wilayah Jabodetabek dan Bali dengan total 25 unit.

Baca Juga : Buat SIM Bayar Pakai Sampah di Cirebon, Ini Caranya!

Corporate Secretary PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) Gunawan Arif Hartoyo membenarkan bahwa mesin daur ulang botol plastik tersebut adalah program dari BSI.

"Mesin yang diunggah pengguna Twitter adalah Reverse Vending Machine (RVM) atau mesin daur ulang botol plastik yang disediakan di fasilitas umum. BSI mempunyai komitmen untuk mendukung ekonomi keberlanjutan." ucap Gunawan Arif Hartoyo pada Senin, (9/1).

Bagaimana cara menukar botol plastik jadi saldo E-money? Cara kerja mesin tukar botol bekas ini menerapkan sistem 3P yaitu People, Planet dan Profit.

BSI memberikan keuntungan secara ekonomi bagi mereka yang menukarkan botol plastik. Keuntungan tersebut berupa poin yang dapat dikonversi menjadi saldo tabungan BSI senilai Rp 56 per botol. Berikut cara tukar botol plastik jadi saldo E-money.

Cara Tukar Botol Plastik Jadi Saldo E-Money:

  1. Datang ke lokasi RVM terdekat
  2. Pastikan botol plastik berukuran 200-1500 ml. Botol yang hendak ditukarkan tidak remuk dan berisi air
  3. Masukkan botol plastik ke tempat yang telah disediakan 
  4. Mesin secara otomatis akan menghitung jumlah botol yang ditukarkan
  5. Jika sudah klik "Ambil poin" dan "Scan QR Code" atau "Print QR Code" menggunakan aplikasi PlasticPay

Sebagai informasi, nantinya botol plastik bekas yang sudah terkumpul lewat mesin RVM BSI itu akan diolah menjadi berbagai souvenir menarik oleh pelaku UMKM Indonesia. Misalnya menjadi tempat laptop, pouch, sajadah, topi, sepatu, dan goodie bag.

Baca Juga : Pembangunan IKN Bakal Usung Konsep Future Smart Forest City