Cara Meredakan Sakit Gigi, Apakah Paracetamol Bisa Meredakan Sakit Gigi?

Sakit gigi yang tiba-tiba muncul membuat suasana hati menjadi buruk, nah berikut ini cara untuk meredakan sakit gigi. Apakah paracetamol bisa meredakan sakit gigi ? Yuk Simak !

Cara Meredakan Sakit Gigi, Apakah Paracetamol Bisa Meredakan Sakit Gigi?
Ilustrasi Sakit Gigi. Gambar : Freepik.com/ Dok. Racool_studio

BaperaNews - Rasa nyeri pada gigi yang tiba-tiba datang akan membuat aktivitas kita menjadi terganggu, karena kalau sakit gigi muncul rasanya tidak nikmat untuk melakukan sesuatu akibat nyeri gigi yang begitu sakit dan membuat suasana hati menjadi buruk seharian. 

Biasanya sakit gigi muncul karena beberapa faktor diantaranya memiliki gigi yang berlubang, infeksi, penyakit gusi, gigi yang mau tumbuh atau peradangan jaringan gusi pada gigi geraham. Namun, apapun itu yang menyebabkan  sakit gigi, rasa ngilu yang dialami biasanya tidak hanya membuat susah makan dan minum tetapi juga sampai merambat ke kepala. 

Disaat sakit gigi itu muncul, rasanya ingin sekali cepat-cepat mencari cara meredakan sakit gigi atau obat obat nyeri gigi karena rasa ngilu yang tak kunjung selesai. Salah satu obat pereda nyeri gigi yang dijual bebas di apotik dan sering tersedia di rumah adalah obat paracetamol. Namun, apakah obat paracetamol merupakan salah satu cara meredakan sakit gigi ?

Paracetamol merupakan salah satu obat yang sering digunakan untuk menurunkan panas demam, tak hanya mengurangi panas demam, paracetamol juga bisa mengurangi nyeri seperti nyeri pada gigi. Paracetamol dapat mengurangi nyeri dengan cara menghambat produksi prostaglandin pada sistem saraf pusat. Dengan terhambatnya produksi prostaglandin, maka rasa nyeri gigi akan berkurang. Nah jadi ternyata benar kalau obat paracetamol merupakan salah satu cara meredakan sakit gigi. 

Selain paracetamol, terdapat beberapa cara untuk meredakan sakit gigi yang bisa dilakukan dirumah.

Berikut ini beberapa cara meredakan sakit gigi : 

  1. Kompres Dengan Es Batu

Sakit gigi biasanya disertai dengan pipi bengkak, nah untuk meredakan kondisi tersebut, kalian bisa mengompres pipi bengkak dengan es batu. Cara meredakan sakit gigi yang satu ini termasuk yang paling mudah dan sederhana karena pasti tersedia dirumah. Selain meredakan pipi yang bengkak, kompres dengan es batu juga membantu untuk mengurangi nyeri gigi serta perdarahan ke dalam jaringan gusi. 

Melakukan kompres tersebut dengan cara bungkus beberapa buah es batu dalam sebuah handuk kecil, lalu tempelkan handuk tersebut ke area pipi yang mengalami pembengkakan, tunggu selama 15 menit sampai 20 menit dan ulangi cara tersebut setidaknya tiga kali dalam sehari atau sampai pipi yang bengkak di pipi kalian mereda. 

  1. Kumur Pakai Air Garam

Sejak zaman dulu, ketika sedang mengalami sakit gigi berkumur dengan larutan air garam merupakan salah satu cara meredakan sakit gigi yang paling populer, karena air garam terbukti membantu untuk meredakan peradangan serta rasa sakit gigi di gusi. Sebelum berkumur dengan air garam, sebaiknya kalian melakukan flossing gigi terlebih dahulu untuk membersihkan sisa makanan yang nempel di gigi kalian, kemudian kalian siapkan 1 sampai 2 sendok makan garam yang ada di dapur, lalu larutkan ke dalam gelas yang berisi air hangat dan pakailah air garam tersebut untuk berkumur selama 30 detik setelah itu dibuang. Ingat ! air garam tidak boleh untuk ditelan. Jadi, pastikan kalian harus membuang air garam setelah berkumur. 

Nah itu dia cara meredakan sakit gigi yang mudah dan kalian bisa dapatkan di rumah. Sebenarnya cara mencegah sakit gigi itu gampang kalian  jangan lupa harus rajin-rajin sikat gigi minimal dua kali sehari agar terhindar dari gigi berlubang supaya tidak sakit gigi dan harus rutin juga periksa ke dokter gigi untuk kesehatan gigi kalian.