Cara Daftar Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 Buat Mahasiswa dan Dosen!

Kemendikbud Ristek Indonesia membuka Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) untuk tujuan pendidikan ke perguruan tinggi luar negeri. Simak syarat hingga cara daftarnya!

Cara Daftar Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 Buat Mahasiswa dan Dosen!
Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023. Gambar : Pexels.com/Dok. Gul Isik

BaperaNews - Kemendikbud Ristek Indonesia membuka beasiswa melalui BPPT (Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi) bertajuk Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) mulai Selasa (2/5) bertepatan dengan hari pendidikan nasional. 

Pendaftaran beasiswa BPI 2023 dibuka mulai 2-31 Mei 2023 untuk tujuan pendidikan ke perguruan tinggi luar negeri. Untuk perguruan tinggi di dalam negeri pendaftaran dibuka sampai 30 Juni 2023.

Beasiswa Pendidikan Indonesia ialah bagian dari program Merdeka Belajar yang bertujuan untuk memberi hak pendidikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Mendikbud Ristek Nadiem Makarim juga menyebut beasiswa BPI ini ialah cara pemerintah untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

“Kami percaya cita-cita bangsa Indonesia untuk bisa melompat ke masa depan akan tercapai jika ada kesempatan yang setara untuk menuntut ilmu” tutur Nadiem Rabu (3/5).

Sekjen Kemendikbud Ristek Suharti menambahkan, pemerintah menargetkan perluasan akses pendidikan yang adil dan inklusif untuk meningkat mutu pendidikan peserta didik.

“Selaras dengan tujuan tersebut, Kemendikbud Ristek menyelenggarakan beasiswa non gelar dan bergelar” terang Suharti. Beasiswa BPI 2023 diberikan untuk mahasiswa dan dosen.

Baca Juga : Mau Kuliah di Jepang? Daftar Beasiswa Gakubu MEXT, Uang Saku 15 Juta Perbulan!

Jenis Beasiswa BPI 2023

  • Beasiswa calon guru SMK jenjang S1
  • Beasiswa untuk pelaku budaya dan penyuluh kepercayaan jenjang S1-S3
  • Beasiswa untuk S1 dan S2 skema mandiri
  • Beasiswa S2 dan S3 untuk dosen dan tenaga kependidikan
  • Beasiswa S2 dan S3 untuk tenaga pendidik di lingkungan pendidikan formal dan non formal
  • Beasiswa perguruan tinggi vokasi untuk dosen dan pendidik jenjang S2 dan S3

Kuota dan Syarat Beasiswa BPI 2023

Untuk kuota beasiswa pelaku budaya, vokasi, dan perguruan tinggi akademik sebanyak 1.000-1.300 orang. Pada beasiswa BIP 2021-2022 lalu, jumlah peserta yang dibiayai ialah 6.236 orang yang 89%nya menempuh pendidikan di dalam negeri dan 11%nya pendidikan di luar negeri.

Untuk syarat daftar beasiswa BPI 2023 berbeda sesuai dengan tingkat pendidikan peserta dan jenjang pendidikan yang ingin dituju, syarat dijelaskan detail di laman www.beasiswa.kemdikbud.go.id.

Cara Mendaftar Beasiswa BPI 2023

Pendaftaran beasiswa BPI 2023 hanya bisa dilakukan secara online ke laman www.beasiswa.kemdikbud.go.id dengan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan yang telah tersedia acuan formanya di laman pendaftaran.

Seluruh proses pengumuman, kelulusan administrasi, seleksi wawancara, hingga jadwal daftar ulang Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 seluruhnya diumumkan di www.beasiswa.kemdikbud.go.id.

Demikian informasi mengenai Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 yang terbuka untuk calon mahasiswa, calon dosen, maupun dosen dan tenaga pendidik. Semoga bisa bermanfaat!

Baca Juga : Siswa SMP Bisa Daftar! Yuk Simak Cara Daftar Beasiswa Prestasi Kita 2023