BMKG Prediksi Akan Ada Angin Kencang Saat Balapan Formula E Digelar

Kepala BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika) Fahry Rajab mengungkap akan adanya angin kencang saat balapan Formule E di gelar yakni 4 Juni 2022.

BMKG Prediksi Akan Ada Angin Kencang Saat Balapan Formula E Digelar
BMKG Prediksi Akan Ada Angin Kencang Saat Balapan Formula E Digelar. Gambar : Instagram.com/@fiaformulae

BaperaNews - Kepala BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika) Fahry Rajab mengungkap cuaca di Jakarta Utara dan sekitarnya, termasuk di kawasan Ancol yang jadi lokasi digelarnya balapan Formula E akhir pekan ini diperkirakan akan cerah berawan ketika laga dilaksanakan.

Sebelumnya sempat ada rasa khawatir dari panitia ketika beberapa hari terakhir terjadi hujan deras disertai angin kencang serta petir dan khawatir jika terjadi cuaca yang sama ketika ajang balap Formula E digelar.

Hal ini juga berhubungan dengan ambruknya atap tribun atau penyangga kerangka besi ke bangku penonton pada Jumat lalu 27 Mei 2022 yang kini sudah diperbaiki. “Secara umum cuacanya cerah berawan, peluang adanya angin kencang dalam durasi singkat ada, cukup kecil ya, walaupun tidak bisa dikatakan tidak ada peluang sama sekali juga” ujar Kepala BMKG, Fahry Rajab.

Dari hasil mitigasi harian yang dibuat oleh BMKG, diperkirakan angin kencang akan datang dari selatan hingga tenggara dan kecepatannya sekitar 0 – 10 km/jam. “Perkiraan cuaca Ancol pada hari Sabtu nanti 4 Juni 2022 ialah cerah berawan dan berpotensi hujan ringan pada sore atau malam hari, suhunya sekitar 25 – 31 derajat Celsius, sedangkan arah angin kencang dari selatan sampai tenggara kecepatannya 0 – 10 km/jam” jelasnya.

Baca Juga : Siap Hadapi Cuaca Panas Jakarta, Pembalap Formula E Terus Latihan

Pihak penyelenggara yakni Principle HSE Consultant Formula E Operation yang diwakili Richard Bates menyebut akan memakai informasi dari BMKG tersebut untuk memprediksi cuaca, Bates juga memastikan ajang balap Formula E akan dilaksanakan di Jakarta tanpa memakai jasa pawang hujan, dimana pada MotoGP Mandalika 2022 lalu tim memakai jasa pawang hujan.

Di dalam dunia balap, cuaca ekstrim tersebut memang sering terjadi dan menjadi tantangan tersendiri, kondisi tersebut tidak dianggap sebagai sesuatu yang mengkhawatirkan. “Kami pakai informasi dari BMKG untuk memprediksi iklim dan cuacanya, kita enggak bisa mengubah cuaca, namun kita punya rencana mitigasinya” tuturnya.

Formula E Jakarta 2022 akan digelar di JIEC – Jakarta International E Prix Circuit Ancol Jakut pada Sabtu 4 Juni 2022. Ini ialah kali pertama Indonesia jadi tuan rumah dalam ajang dunia tersebut, rangkaian kegiatan akan dilaksanakan mulai hari Jumat hingga Sabtu. Tiket sendiri sudah dijual dan kini sudah hampir habis, menunjukkan minat yang tinggi dari masyarakat Indonesia meski harga jual tiketnya terbilang tidak murah yakni mulai ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.