54 RT di Jakarta Tergenang Banjir Setinggi 2,5 Meter

Hujan deras kembali menyebabkan banjir di Jakarta, akitbatnya sebanyak 54 Rukun Tetangga terendam.

54 RT di Jakarta Tergenang Banjir Setinggi 2,5 Meter
54 RT di Jakarta Tergenang Banjir Setinggi 2,5 Meter. Gambar : Dok. Okezone

BaperaNews - Jakarta kembali diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang menyebabkan banjir dan genangan air di berbagai wilayah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat bahwa saat ini sebanyak 54 Rukun Tetangga (RT) terendam banjir, mengalami peningkatan dari 22 RT sebelumnya.

Data ini didasarkan pada laporan Pusat Data Kebencanaan BPBD DKI Jakarta yang diterima pada Minggu (5/11) pukul 12.00 WIB.

Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, menjelaskan bahwa hujan deras yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu (04/11) adalah penyebab utama genangan air di berbagai wilayah.

Genangan air terjadi di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, dengan tinggi air berkisar antara 30 cm hingga 250 cm. Beberapa faktor yang memicu banjir termasuk curah hujan yang tinggi dan luapan sungai.

Baca Juga : New York Banjir, Pemerintah Tetapkan Keadaan Darurat

Selain kerugian materi, BPBD juga melaporkan adanya 15 jiwa yang mengungsi dari 4 keluarga asal Kampung Melayu. Mereka saat ini bertahan di tempat pengungsian yang berada di Aula Masjid Ittihadul Ikhwa.

BPBD DKI Jakarta telah mengerahkan personelnya untuk memantau kondisi genangan di setiap wilayah dan berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait seperti Dinas Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga, dan Dinas Gulkarmat.

Upaya penyedotan genangan dan memastikan fungsi saluran air yang optimal dilakukan bersama lurah dan camat setempat. BPBD DKI Jakarta berupaya agar genangan air surut dalam waktu secepat mungkin.

Selain itu, BPBD DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan air.

Dalam situasi darurat, masyarakat diminta untuk segera menghubungi nomor telepon 112, layanan darurat 24 jam yang dapat diakses secara gratis.

Sebaran banjir dan genangan air di Jakarta saat ini sebagai berikut:

Jakarta Selatan

  • Kelurahan Rawajati: 1 RT terendam dengan tinggi air mencapai 60 cm.
  • Kelurahan Kebon Baru: 1 RT terendam dengan tinggi air mencapai 60 cm.

Jakarta Timur

  • Kelurahan Cililitan: 6 RT terendam dengan tinggi air berkisar antara 30 hingga 160 cm.
  • Kelurahan Cawang: 14 RT terendam dengan tinggi air berkisar antara 30 hingga 250 cm.
  • Kelurahan Bidara Cina: 5 RT terendam dengan tinggi air berkisar antara 40 hingga 120 cm.
  • Kelurahan Kampung Melayu: 27 RT terendam dengan tinggi air berkisar antara 30 hingga 175 cm.

Di samping itu, beberapa wilayah lain yang sebelumnya terendam juga telah melaporkan surut, seperti Kelurahan Cilandak Timur, Jalan Pelabuhan Muara Batu di Penjaringan, Jakarta Utara, dan Jalan Raya Bogor (Pasar Induk Kramat Jati) di Kramat Jati, Jakarta Timur.

Baca Juga : Israel Dilanda Banjir Hingga Badai Pasir, Serangan Jalur Darat ke Gaza Ditunda