Israel Dilanda Banjir Hingga Badai Pasir, Serangan Jalur Darat ke Gaza Ditunda

Tel Aviv, ibu kota Israel, sedang bergulat dengan banjir besar di seluruh kota hingga ke Yerusalem dan menyebabkan 2 orang tewas.

Israel Dilanda Banjir Hingga Badai Pasir, Serangan Jalur Darat ke Gaza Ditunda
Israel Dilanda Banjir Hingga Badai Pasir, Serangan Jalur Darat ke Gaza Ditunda. Gambar : Dok.Viva.com

BaperaNews - Tel Aviv, ibu kota Israel, sedang bergulat dengan banjir besar yang dipicu oleh hujan lebat dan cuaca buruk. Banjir itu telah mengakibatkan genangan air yang meluas di seluruh kota hingga ke Yerusalem dan menyebabkan 2 orang tewas, pada Minggu, (15/10).

Melansir dari Latestly, Senin, (16/10), dengan keadaan tersebut, otoritas Israel diduga terpaksa menunda rencana operasi militer darat di Jalur Gaza dan memerintahkan militernya untuk berfokus pada evakuasi warga.

Menurut video yang beredar di media sosial,mobil di jalan-jalan terendam akibat banjir. Video itu memperlihatkan luasnya daerah yang tergenang air di Tel Aviv dan sekitar Herzliya.

"Kondisi cuaca buruk telah mengganggu operasi militer strategis di tengah Perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung," kata media tersebut. Selain menimbulkan genangan yang cukup parah, beberapa infrastruktur dan kerugian materi juga dialami Israel.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Israel telah berjanji akan melakukan serangan darat setelah milisi Hamas menyerang wilayah Israel selatan. Serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya itu telah menewaskan sekitar 1.300 orang, dengan ribuan korban luka-luka lainnya. 

Baca Juga : Imbas Konflik Palestina Israel: Bocah Asal Palestina Tewas Ditikam di Amerika Serikat

Di lain sisi, saat Israel melakukan serangan balasan pada pekan lalu di Jalur Gaza, warga Palestina telah kehilangan sekitar 2.000 nyawa, yang banyak diantaranya warga sipil.

Perang yang telah berlangsung selama sepekan ini telah menimbulkan banyak kerugian di kedua sisi, selain kerugian materiil, warga sipil ygtak bersalah juga ikut menanggung pahitnya perang Israel-Hamas.

Di sisi lain, menurut 3 pejabat senior Israel mereka menunda invasi itu karena kondisi cuaca buruk.

Di mana hal itu akan mempersulit pilot pesawat dan operator drone untuk melakukan operasi udara yang mendukung pasukan darat Israel. Adapun 3 orang pejabat itu sebelumnya membocorkan bahwa militer Israel sedang bersiap untuk segera menyerang Jalur Gaza.

Pihaknya mengerahkan puluhan ribu tentara untuk merebut Kota Gaza dan menghancurkan kepemimpinan wilayah itu saat ini.

Setelah Banjir Besar, Kini Badai Pasir Mengerikan Melanda Israel Persulit Rencana Invasi ke Gaza. Badai pasir tersebut dilaporkan menyapu wilayah Azraq di Yordania. Tampak dalam sebuah video, badai pasir dan angin kencang membuat kepanikan di wilayah Azraq Yordania. 

Baca Juga : McDonald's Israel Diboikot Gegara Sumbang 4.000 Makanan ke Tentara Israel