Menpora, Zainudin Amali Resmi Ajukan Surat Pengunduran Diri Ke Presiden

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi ajukan surat pengunduran diri ke Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis (9/3).

Menpora, Zainudin Amali Resmi Ajukan Surat Pengunduran Diri Ke Presiden
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali resmi ajukan surat pengunduran diri ke Istana Kepresidenan. Gambar : Humas Setkab/Agung

BaperaNews - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali secara resmi mengundurkan diri, ia mengantar langsung surat pengunduran dirinya ke Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis (9/3).

Zainudin Amali mengaku diterima oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno karena Presiden Jokowi sedang tidak ada di tempat.

“Teman-teman kan sudah tanyakan kapan akan antar suratnya, hari ini tanggal 9 Maret sata sudah antarkan” tuturnya.

Usai Menpora Zainudin Amali ajukan surat pengunduran diri ke Istana Kepresidenan, namun ia belum sepenuhnya mengundurkan diri.

Zainudin Amali masih harus menunggu keputusan dari Presiden Jokowi. Amali dijadwalkan akan bertemu Presiden Jokowi pada Senin pekan depan tanggal 13 Maret. “Tinggal menunggu saja, keputusannya kan ada di tangan Pak Presiden, bukan di saya” imbuhnya.

Untuk siapa yang kelak akan menggantikan jabatannya, Zainudin Amali juga serahkan hal itu sepenuhnya pada Pak Presiden. Zainudin Amali menyebut ingin fokus di salah satu cabang olahraga saja yakni di sepakbola, sebab itu Zainudin Amali mengundurkan diri.

Baca Juga : Elon Musk Mundur Dari CEO Twitter Tahun Ini!

Menurut Zainudin Amali, tidak etis jika ia masih menjabat sebagai Menpora, namun ia hanya fokus di cabang olahraga karena menduduki posisi Wakil Ketua Umum PSSI, ia tak ingin ada kesenjangan atau lainnya.

Zainudin Amali Amali ingin fokus untuk mempercepat pembangunan sepakbola nasional sebagaimana yang diinstruksikan oleh Presiden Jokowi.

“Masih di lingkungan olahraga tapi fokus ke salah satu cabang saja” pungkasnya.

Zainudin Amali mengundurkan diri setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI di bawah pimpinan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Menpora Zainudin Amali pernah ijin kepada Presiden Jokowi dan Jokowi tidak masalah jika menterinya memiliki jabatan rangkap asal semua pekerjaan dan tanggung jawab tetap terlaksana.

Para Menteri Jokowi lainnya juga ada yang memiliki jabatan rangkap seperti Menko Marves Luhut Binsar hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Jokowi tidak masalah, asal bisa membagi waktu dan menjalankan pekerjaan dengan baik.

Namun Zainudin Amali merasa kurang etis jika ia menjadi Menpora yang harus bisa mengurus semua cabang olahraga namun ia justru menjadi Waketum PSSI yang fokus pada sepakbola, sebab itu ia memilih mengundurkan diri, ia memilih untuk benar-benar fokus pada tugasnya menciptakan iklim sepakbola yang sehat di Indonesia dan memajukan sepakbola Indonesia.

Zainudin Amali mengundurkan diri ini nantinya akan ditanggapi dan ditindaklanjuti lebih lanjut oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga : Shin Tae Yong Akan Mundur Jika Ketum PSSI Mundur