24 Jemaah Haji Indonesia Wafat Saat Puncak Haji Arafah Mina

24 jemaah haji Indonesia wafat saat menjalani proses puncak haji Arafah Mina di Mina pada 27 Juni 2023. Simak berita lengkapnya!

24 Jemaah Haji Indonesia Wafat Saat Puncak Haji Arafah Mina
24 Jemaah Haji Indonesia Wafat Saat Puncak Haji Arafah Mina. Gambar : Antara Foto/Dok. Wahyu Putro A/FOC

BaperaNews24 jemaah haji Indonesia wafat ketika menjalani proses puncak haji Arafah Mina di Mina (wukuf di Arafah) pada 27 Juni 2023.

Kepala Seksi Kesehatan Satgas Mina dr Thafsin Alfarizi menyebut mereka yang tewas tersebut ialah jemaaah haji regular dan khusus.

“Perkembangan sampai 29 Juni 2023 pukul 10.00 waktu Arab Saudi ada 24 jemaah haji Indonesia yang tewas saat puncak haji Arafah Mina di Mina. 22 orang haji reguler dan 2 orang haji khusus” kata Thafsin.

Rincian jemaah haji Indonesia wafat saat puncak haji Arafah Mina ialah 14 orang tewas di Rumah Sakit Arab Saudi, 6 orang di pos layanan kesehatan Mina, 2 orang di perjalanan pinggir jalan maktab 56. Mayoritas jemaah haji wafat asal Indonesia ialah lansia. Diantaranya memiliki penyakit jantung, paru, dan diabetes.

Baca Juga : 60 Jemaah Haji Indonesia Wafat di Arab Saudi, Ini Daftarnya!

“Itu penyakit yang terbesar, jemaah haji wafat akan dimakamkan di Syarayah Dekat Mekkah” sambungnya.

Sedangkan jumlah jemaah haji asal Indonesia yang dirawat di RSAS Mina Al Wadi ada 56 orang termasuk di Mina Azzasir dan jemaah yang sedang diobservasi di rumah sakit Mina ada 189 orang.

“Ini adalah hari kedua di tanggal 28 Juni selama jemaah berada di Mina, penyebab terbanyak itu karena heatstroke, mereka rata-rata lansia berumur 55 tahun atau lebih” bebernya.

Jemaah yang terserang stroke ada 39 orang, sakit pernapasan 19 orang, dan kelelahan 17 orang.

“Ini penyakit paling besar ketiga dari angka kunjungan pos layanan selama 2 hari di Mina sampai jam 10 pagi ini. Sebaiknya jemaah yang melontar ikut aturan yang diatur pemerintah, hanya di jam tertentu agar tidak terkena kepadatan atau cuaca panas dan memakai kacamata serta pelindung kepala dan payung. Siapkan pula minum dan siapkan teman yang bisa diandalkan baik itu petugas atau rekan haji” pungkas Thafsin.

Diketahui di musim haji kali ini cuaca sangat terik, jemaah dihimbau menjaga kesehatan, cukup cairan, dan memakai pelindung diri agar bisa tetap menjalankan ibadah dengan baik dan lancar serta selalu memperhatikan arahan dari petugas. Dengan demikian, bisa lebih melindungi dari segala resiko seperti kepanasan atau penyakit.

Jenazah jemaah haji wafat semuanya dimakamkan di Arab Saudi dan keluarga akan mendapat sertifikat gratis agar proses pemakaman tidak membebani pihak keluarga.

Baca Juga : Bus Shalawat Stop Layani Jemaah Haji, Cek Tanggalnya!