17 Rumah Hangus, Begini Kronologi Kebakaran di Kemayoran

Kebakaran di Kemayoran melahap 17 rumah warga. Meskipun tak ada korban jiwa, kerugian mencapai ratusan juta.

17 Rumah Hangus, Begini Kronologi Kebakaran di Kemayoran
17 Rumah Hangus, Begini Kronologi Kebakaran di Kemayoran. Gambar : Detik.com/Dok. Tina

BaperaNews - Terjadi kebakaran rumah di Kemayoran, Jakarta Pusat. Sebanyak 17 rumah terbakar. Tidak ada korban jiwa namun jumlah kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Belum diketahui dengan jelas bagaimana kronologinya. Warga akan dikumpulkan untuk mengetahui dari mana titik api berasal.

“Nanti saya baru mau kumpulin warga. Kejadiannya gimana awalnya, titiknya darimana, nanti baru terungkap. Saya belum bisa pastikan,” kata Ketua RT 1 RW 1 Bahrudin pada Sabtu (30/9).

Warga korban kebakaran di Kemayoran untuk sementara ditampung di Jalan Kebon Kosong Gang 6 yang jaraknya 3 gang dari tempat kejadian. Tempat pengungsian masih ramai warga. Di papan tertulis data rumah terbakar, yakni sebanyak 51 keluarga dengan total 17 jiwa yang jadi penghuninya.

Nia, salah satu korban kebakaran di Kemayoran mengaku sedih rumah yang ia tempati sejak kecil telah hangus terbakar. Ia tidak tahu kemana setelah ini harus tinggal, ia berharap pemerintah memberi bantuan untuk perbaikan.

“Itu rumah saya sejak masa kecil. Nggak bisa diungkapin sedihnya, kita ga punya apa-apa, cuma baju yang dipakai aja. Saya harap pemerintah kasih bantuan. Kita ini orang miskin, tolong dibantu Pak Presiden,” kata Nia sembari menangis.

Baca Juga: Kebakaran Pesta Pernikahan di Irak Tewaskan 113 Orang

Kebakaran terjadi pada hari Jumat (29/9). 28 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk padamkan api.

“Saat ini terjadi kebakaran di Kemayoran. 28 unit mobil Damkar dengan 140 personel masih melokalisir perambatan api,” keterangan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta ketika memadamkan api.

Sementara peristiwa rumah terbakar direkam kamera warga. Upaya pemadaman disebut dilakukan mulai pukul 17.28 WIB. Petugas dan warga bergotong royong padamkan api. Asap hitam tebal nampak membumbung di udara. Api besar berwarna orange terlihat jelas. Warga sulit padamkan api karena kondisi musim kemarau jumlah air terbatas.

Lokasi kebakaran adalah kawasan padat penduduk tepatnya di Jalan Kebon Kosong Gang 3 RT 1 RW 11. Kebakaran terjadi pada pukul 17.26 WIB. Padatnya rumah warga menjadi salah satu kendala petugas dalam memadamkan api. 17 rumah yang terbakar semuanya dari kayu atau semi permanen sehingga mudah dilalap api.

Dugaan sementara kebakaran terjadi karena korsleting listrik namun sebab pasti masih dalam penyelidikan polisi.

Baca Juga: Gunung Gede Pangrango Kebakaran, Kepala Balai Besar: Itu Sengaja