WhatsApp Kembangkan Fitur "View Once", Teks Akan Hilang Usai Dibaca

Platform pesan instan, WhatsApp kini tengah mengembangkan fitur View Once untuk teks, fitur tersebut akan otomatis hilang ketika telah dilihat penerima.

WhatsApp Kembangkan Fitur "View Once", Teks Akan Hilang Usai Dibaca
WhatsApp kembangkan fitur View Once. Gambar : Unsplash.com/Dok. Asterfolio

BaperaNews - Platform pesan instan, WhatsApp kini tengah mengembangkan fitur View Once untuk teks. Fitur View Once atau sekali lihat awalnya hanya berlaku untuk foto dan video. 

Saat ini, fitur View Once memungkinkan pengguna mengirimkan foto dan video yang akan otomatis hilang ketika telah dilihat penerima.

Sedangkan fitur View Once untuk teks akan dikembangkan lebih dulu di aplikasi WhatsApp khusus Android, jadi pengirim bisa memberi pesan sekali lihat, akan hilang usai dibaca penerima. Fitur ini bisa dipakai untuk mengirim informasi sensitif yang tidak ingin diakses orang atau pengguna lain, misalnya detail kartu kredit.

WhatsApp sendiri telah merilis fitur Disappearing Messages yang memungkinkan pesan yang dikirim bisa menghilang dalam waktu tertentu usai dibaca penerima.

Namun fitur View Once yang nantinya akan dikembangkan hanya berlaku untuk pesan tertentu, bukan seluruh percakapan, hal ini akan membuat pesan langsung hilang usai dilihat, tidak dalam masa tertentu.

Fitur WhatsApp tersebut kemungkinan bisa diakses di tombol aplikasi dengan logo kirim pesan yang dikombinasikan dengan ikon kunci atau gembok, namun karena masih dikembangkan, fitur ini bahkan belum tersedia untuk penguji beta, desain dan sistemnya bisa diubah sebab belum dirilis secara resmi.

Baca Juga : Fitur Baru WhatsApp: 1 Akun Bisa Login Di 2 HP

Lebih lanjut, WhatsApp juga mencegah penerima mengambil foto screenshot dari foto atau video yang dikirim dengan fitur View Once, jika pengguna telah update versi terbaru WhatsApp, namun belum diketahui apakah hal sama juga diterapkan di “View Once” teks.

WhatsApp terus mengupdate fitur untuk keamanan dan privasi pengguna. Pada (18/10) lalu WhatsApp juga membuat fitur verifikasi dua langkah atau two step verification yang akan menyarankan pengguna mengaktifkannya, cara kerjanya dengan membuat PIN sekunder atau cadangan, dengan demikian keamanan bisa bertambah ke akun WhatsApp pengguna.

Fitur WhatsApp terbaru lain yang juga dirilis tahun ini ialah emoji baru, respon di pesan, penambahan anggota jumlah grup, status online, hingga Direktori Bisnis. WhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi pesan instan dengan pengguna terbesar di dunia termasuk di Indonesia.

Fiturnya yang lengkap dan cara penggunaan yang simple membuat WhatsApp banyak disukai berbagai kalangan. WhatsApp masih satu perusahaan dengan Facebook dan Instagram. Biasa dipakai untuk kepentingan pribadi, bisnis, hingga grup perusahaan.

Baca Juga : Meta Rilis Fitur Avatar Di WhatsApp, Simak Cara Menggunakannya!