Warga Batam Harus Bangga, Anggota DPR Cen Sui Lan Bereskan Persoalan Banjir Yang Telah Tejadi Selama 20 Tahun

Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Cen Sui Lan bereskan persoalan banjir di Sungai Pelunggut Batam yang telah terjadi sejak 20 tahun yang lalu. Simak selengkapnya!

Warga Batam Harus Bangga, Anggota DPR Cen Sui Lan Bereskan Persoalan Banjir Yang Telah Tejadi Selama 20 Tahun
Anggota DPR Cen Sui Lan, Bereskan Persoalan Banjir di Sungai Pelunggut Batam Yang Telah Tejadi Selama 20 Tahun. Gambar : suaraserumpun.com/nurul atia

BaperaNews - Anggota DPR Republik Indonesia Fraksi Golkar Dapil Kepri Cen Sui Lan, Gerak cepat soal kegiatan normalisasi penanganan banjir di daerah Sungai Pelunggut Sagulung, Kota Batam langsung terwujud. 

Pekerjaan normalisasi penanganan banjir di Sungai Pelunggut itu sudah mulai terlaksana, 2 unit alat eskavator amphibi dikerahkan oleh pihak BWS Kepri Ditjen SDA Kementerian PUPR.

Untuk melaksanakan pekerjaan normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Pelunggut, Sagulung, Kota Batam sepanjang 1,8 km. Normalisasi daerah aliran sungai tersebut untuk mencegah banjir bagi 18 RT di kawasan tersebut.

Cen Sui Lan meminta agar ketua RT hadir dan ikut serta dalam jalannya kegiatan tersebut, agar kegiatan ini bisa berjalan dengan efektif dan fungsional. Cen Sui Lan juga meminta warganya yang masih berada di sepanjang Daerah Aliran Sungai untuk segera pindah, agar kegiatan ini dapat segera tercapai fungsinya.

Kegiatan normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) ini dilakukan oleh Cen Sui Lan bersama dengan BWS Kepri Ditjen SDA Kementerian PUPR. 

Perlu diketahui Cen Sui Lan merupakan anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar daerah pemilihan Kepulauan Riau, ia merupakan salah satu contoh anggota DPR yang tak lupa akan janjinya pada masa kampanye.

Banjir di Sepanjang Aliran Sungai Pelunggut Sudah Terjadi Sejak 20 Tahun Lalu

Normalisasi Aliran Sungai ini berawal dari curhatan para warga, Para warga curhat mengenai persoalan kawasan banjir di sepanjang aliran sungai Pelunggut, yang tidak ditangani sejak 20 tahun yang lalu. Lokasinya berada di Kelurahan Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Provinsi Kepri.

Dari keluhan para warga, Cen Sui Lan mengawasi tepi aliran aliran sungai sepanjang 1,8 kilometer itu, dengan berjalan kaki ia memantau dan melihat kondisi sungai yang kumuh, dangkal, dan tidak ada pembangunan infrastruktur layaknya drainase.

Baca Juga : Maruli Siahaan Sambangi Kolam Pancing RS Zevanya untuk Silaturahmi dan Sosialisasi

Tak heran setiap hujan turun, air langsung meluap keluar dan menyebabkan terjadinya bencana banjir, banjir ini melanda ratusan rumah di 3 RW dan 18 RT se Kelurahan Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam.

Mendengar keluh kesah dari para warga Kecamatan Sagulung, Cen Sui Lan meminta agar Ketua RW dan RT bersama dengan korlap Cen Sui Lan, meminta agar segera mengirimkan dokumentasi kepada koordinator relawan Cen Sui Lan, sekaligus titik wilayah banjir di wilayah Sagulung, Kota Batam.

Perjuangan Cen Sui Lan Berhasil

Sekarang, perjuangan Cen Sui Lan berhasil dalam penanganan banjir di Sungai Pelunggut. Cen Sui Lan menyatakan bahwa kegiatan normalisasi DAS Sungai Pelunggut ini dijalankan agar 18 RT dan 3 RW yang terkena banjir bisa ditanggulangi.

“Untuk kegiatan permanen DAS di Sungai Pelunggut tetap pada tahun anggaran 2024, sekarang kita laksanakan normalisasi dahulu,” ujar Cen Sui Lan.

Baca Juga : Calon Legislatif DPR RI, Dr. Maruli Siahaan, Hadiri Pernikahan Ridho dan Syarifah Hanim di Sumatera Utara