Viral Wahana Tornado Di Dufan Berhenti Mendadak Di Atas, Ini Penyebabnya!

Viral sebuah video di media sosial menunjukkan wahana Tornado di Dufan berhenti di atas secara mendadak dalam posisi miring. Ini penyebab wahana Tornado di Dufan berhenti.

Viral Wahana Tornado Di Dufan Berhenti Mendadak Di Atas, Ini Penyebabnya!
Wahana Tornado di Dufan berhenti mendadak di atas. Gambar : Dok. ancol.com

BaperaNews - Viral sebuah video di media sosial menunjukkan wahana Tornado di Dufan (Dunia Fantasi) Ancol berhenti di atas secara mendadak dalam posisi miring, pihak Dufan membenarkan kejadian menegangkan tersebut, terjadi pada Sabtu 24 Desember 2022.

“Terkait video wahana di Dufan yang berhenti ketika pengunjung masih menaikinya, kami sampaikan kejadian tersebut benar terjadi hari Sabtu 24 Desember 2022 pukul 16.20 WIB. Petugas kami kemudian mereset dan mengembalikan wahana ke posisi awal untuk bisa lakukan evakuasi kepada semua pengunjung” tulis Dufan dalam pernyataan resmi pada Sabtu 31 Desember 2022.

Wahana Tornado di Dufan sudah beroperasi sejak tahun 2007, Dufan menyebut wahana ini memiliki kelas paling canggih dimana kedua lengan utamanya bisa gerak bebas, wahana ini berasal dari Italia dengan kapasitas 40 orang.

Penumpang akan diajak berputar bebas dan duduk terbalik secara mendadak, menyenangkan, menegangkan, dan menghibur.

Penyebab Wahana Tornado Di Dufan Berhenti

Sebelumnya video viral wahana tornado di Dufan berhenti secara mendadak diunggah oleh akun Instagram @jktnews, menyebut wahana Tornado tersebut mengalami gangguan dan menyebabkan pengunjung yang naik dan pengunjung di sekitarnya panik.

View this post on Instagram

A post shared by JAKARTA NEWS (@jktnewss)

Ketika kejadian, penumpang masih berada di kursinya dengan pengaman masing-masing. Beruntung pihak Dufan merespon dengan cepat sehingga masalah bisa teratasi dengan baik, tidak ada korban jiwa maupun korban luka.

Penyebab wahana Tornado di Dufan berhenti karena sistem memonitor adanya gangguan teknis, sehingga permainan dihentikan dan sistem pengamanan wahana diaktifkan. Evakuasi berlangsung cepat selama 5 menit, pengunjung seluruhnya bisa turun dari wahana dengan selamat, tidak ada cedera apapun.

Baca Juga : Bocah 13 Tahun Kehilangan Paru-Paru Usai Alami Kecelakaan Di Taman Hiburan

Wahana Tornado di Dufan ini dengan kecanggihannya mampu memonitor adanya sistem yang bermasalah, sehingga ketika ada masalah, wahana akan otomatis berhenti demi keselamatan penumpangnya, hal itulah yang membuat wahana Tornado di Dufan berhenti mendadak.

“Tornado ini punya sensor yang mengindikasi ada yang kurang pas, sehingga keamanannya berfungsi yang membuat permainan berhenti di posisi tertentu, jadi ini bagian dari fungsi safetynya wahana ini untuk menjaga penumpang agar selamat” lanjutnya.

Setelahnya, petugas memeriksa secara menyeluruh pada wahana Tornado tersebut, pukul 17.00 WIB wahana bisa kembali dioperasikan dengan baik hingga hari ini.

“Kami minta maaf atas ketidaknyamanan ini dan kami pastikan keselamatan pengunjung adalah prioritas utama, semua penumpang selamat dan tidak ada yang terluka” tutup Dufan.

Baca Juga : Seram Rollercoaster Saling Tabrakan, 34 Terluka Hingga Kritis