Video Soal Ida Dayak Sembuhkan Pangeran Arab Saudi Ternyata Hoax!

Viral sebuah video menyebut bahwa Ida Dayak pernah dipanggil ke Arab Saudi untuk menyembuhkan seorang pangeran yang telah koma selama 17 tahun. Ternyata kabar tersebut HOAX.

Video Soal Ida Dayak Sembuhkan Pangeran Arab Saudi Ternyata Hoax!
Ida Dayak Sembuhkan Pangeran Arab Saudi. Gambar : Tangkapan Layar YouTube Petualang Ibu Dayak & Twitter/@Rima_Talal

BaperaNews - Nama Ida Dayak masih populer di media sosial. Ida Dayak ialah sosok wanita yang disebut bisa menyembuhkan penyakit tanpa alat medis. Belakangan ini muncul berita bahwa Ida dipanggil oleh Kerajaan Arab untuk mengobati Pangeran Arab Saudi yang telah koma selama 17 tahun.

Diketahui ada salah satu Pangeran Arab Saudi yang hingga kini masih koma, telah berada di tempat tidur selama 17 tahun lamanya. Pangeran tersebut bernama Al Waleed bin Khalid, koma sejak tahun 2005. Waleed masih hidup karena alat-alat medis yang menempel di tubuhnya. Sebuah unggahan menyebut Ida Dayak sembuhkan Pangeran Arab Saudi.

“Mendunia, bu Ida Dayak sembuhkan Pangeran Arab Saudi yang koma 17 tahun, dia dapat hadiah emas” tulis judul berita tersebut yang juga diunggah oleh akun YouTube Sosial Update.

Dalam unggahan itu, disebut bahwa Kerajaan Arab menghubungi Presiden Jokowi agar mengirim Ida Dayak dan menyembuhkan Waleed. “Raja Arab minta bantuan langsung pada Ida untuk obati Waleed.

Waleed memang telah koma selama 17 tahun” bunyi keterangan unggahannya. Video telah ditonton ratusan ribu kali, namun tidak dijelaskan bagaimana penyembuhan dilakukan.

Baca Juga : Pesulap Merah Bongkar Trik Sulap Ida Dayak Pakai Minyak Sakti

Ida Dayak Sembuhkan Pangeran Arab Saudi  Ternyata Hoax

Media Arab sendiri tidak mengabarkan bahwa Waleed telah sembuh, terlebih soal Ida, sama sekali tidak ada. Berita terakhir tentang Waleed dibuat di pertengahan tahun 2022, ketika foto sang Pangeran dibagikan di Twitter, namun juga tidak dijelaskan kondisi terbaru dari kesehatannya. Ida terkenal bisa sembuhkan penyakit akibat patah tulang, sementara Waleed koma karena perdarahan otak.

Usai ditelusuri, ternyata berita Ida Dayak sembuhkan Pangeran Arab Saudi itu hoax semata. Ida Dayak tidak pernah ke Arab. Kerajaan Arab sendiri juga tidak mengenal Ida Dayak dan tidak pernah mengundang Ida Dayak.

Berita hanya dibuat oleh orang tidak bertanggung jawab yang ingin mendapat views atas unggahannya untuk mendatangkan keuntungan ekonomi namun tidak bisa memberikan informasi yang benar.

Ida sebelumnya memang sempat dipanggil di GOR Divif 1 Kostrad Bogor untuk memberi pengobatan pada masyarakat di sekitar tempat tersebut. Pada akhirnya acara dibatalkan karena pengunjung yang datang terlalu banyak hingga membuat jalanan macet.

Pengobatan Ida Dayak memang ramai pengunjung, salah satunya karena Ida tidak pernah meminta imbalan uang alias gratis.

Baca Juga : Viral Pengobatan Ida Dayak, Dokter: Apapun Caranya, Pasien Hanya Ingin Sembuh