Uang Rp 50 Ribu dan Rp 100 Ribu Emisi Baru Boleh Disetor Via ATM

Bank Indonesia menyatakan uang kertas rupiah pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000 emisi baru 2022 sudah bisa disetorkan di mesin ATM via setor tunai.

Uang Rp 50 Ribu dan Rp 100 Ribu Emisi Baru Boleh Disetor Via ATM
Uang Rp 50 Ribu dan Rp 100 Ribu Emisi Baru Boleh Disetor Via ATM. Gambar : Detik.com/Dok. Agung Pambudhy

BaperaNews - Bank Indonesia menyatakan uang kertas rupiah baru emisi 2022 pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000 sudah bisa disetorkan di mesin ATM via setor tunai, sejumlah Bank sudah menyediakan layanannya.

“Uang Baru bisa dipakai di beberapa ATM milik bank besar, bank pemerintah, dan bank swasta” tutur Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono pada Selasa (25/4).

Corporate Secretary PT Bank Mandiri Tbk Rudi As juga menyampaikan hal serupa, ia menyebut sejumlah mesin ATM Bank Mandiri sudah bisa menerima setor tunai dari pecahan uang kertas baru tersebut.

“Bisa kami sampaikan, Bank Mandiri sudah lakukan pembaruan pada sistem kami di mesin setor tarik dan sudah bisa menerima uang pecahan kertas terbaru Rp 50.000 dan Rp 100.000” jelasnya dalam kesempatan terpisah.

Rudi mengungkap langkah tersebut ialah upaya Bank Mandiri untuk memberi kualitas layanan lebih baik pada nasabah dan memudahkan dalam bertransaksi sesuai komitmen Bank Mandiri untuk terus berinovasi dan memberi layanan terbaik untuk nasabah. 

Baca Juga : Kementerian BUMN Diizinkan Gelar Halal Bihalal Mulai 2 Mei 2023

Tidak hanya ATM Mandiri yang sudah bisa terima setor tunai uang kertas pecahan baru emisi 2022, Bank BRI juga telah sediakan layanan yang sama.

“Seluruh mesin CRM BRI sudah bisa terima setor tunai baik itu uang pecahan Rp 100.000 maupun Rp 50.000 emisi baru 2022 sejak April 2023” kata Corporate Secretary Bank BRI Aestika Oryza.

Sebagai informasi, Bank Indonesia telah luncurkan uang kertas emisi baru pada Agustus 2022 lalu mulai dari pecahan Rp 1.000 hingga Rp 100.000. Setor tunai kini tak perlu harus dilakukan via teller di kantor Bank, bisa dilakukan di ATM.

Di masa lebaran biasanya masyarakat terutama anak-anak mendapatkan uang dari saudara atau orang terdekatnya, uang tersebut bisa langsung ditabungkan di ATM yang telah update sistemnya di seluruh Indonesia diantaranya ATM BCA, Mandiri, dan BRI.

Diharapkan hal ini bisa mempermudah masyarakat dalam memastikan keamanan uangnya, agar tak perlu menyimpan uang tunai dalam jumlah besar yang bisa timbulkan resiko kehilangan atau bahaya lainnya.

Untuk ATM BRI sendiri di seluruh Indonesia ada 13.852 yang bisa melayani tarik tunai, sedangkan yang bisa melayani tarik sekaligus setor tunai ada 8.007 ATM. Yuk simpan uang di Bank yang lebih aman dan mudah dilakukan.

Baca Juga : Waduh! Ada 25 Artis Diduga Terlibat Pencucian Uang Rafael Alun