Kementerian BUMN Diizinkan Gelar Halal Bihalal Mulai 2 Mei 2023

Seluruh instansi Pemerintahan, salah satunya Kementerian BUMN baru diizinkan menggelar acara halal bihalal lebaran mulai 2 Mei 2023.

Kementerian BUMN Diizinkan Gelar Halal Bihalal Mulai 2 Mei 2023
Kementerian BUMN Diizinkan Gelar Halal Bihalal. Gambar : Biro Pers Sekretariat Presiden/Dok. Kris

BaperaNews - MenPANRB Ad Interim Mahfud MD meminta seluruh instansi pemerintah menunda acara Halal Bihalal BUMN untuk masa lebaran 2023 ini. Diketahui masa libur dan cuti lebaran 2023 pada 19-25 April telah berakhir.

Hari ini, Rabu (26/4) seluruh ASN dan PNS di pemerintahan mulai masuk kerja kembali. Sebagaimana tradisi yang ada, biasanya halal bihalal BUMN dilakukan setelah lebaran, Mahfud MD meminta halal bihalal dilaksanakan setelah 2 Mei.

Mahfud MD meminta seluruh instansi pemerintahan fokus dulu melayani masyarakat dan menjalankan tugasnya usai libur dan cuti bersama agar mobilitas dan kebutuhan administrasi masyarakat terpenuhi dan lancar dulu, baru setelahnya boleh melaksanakan acara halal bihalal.

“Agar mobilitas masyarakat lancar pasca libur dan cuti lebaran 2023 maka instansi pemerintah diimbau tidak melakukan kegiatan halal bihalal sampai pekan kedua setelah lebaran (2 Mei 2023)” tutur Mahfud MD pada Senin (24/4) dalam Surat Menteri PanRB 480/M.KT.01/2023.

Mahfud MD meminta Kementerian BUMN juga mengeluarkan himbauan serupa. “Kami meminta Kementerian BUMN juga keluarkan himbauan serupa, demi meningkatkan kelancaran mobilitas masyarakat pasca libur dan cuti lebaran” pungkas Mahfud.

Mahfud MD menyampaikan himbauan tersebut tidak hanya di surat resmi namun juga di akun media sosial Instagramnya @mohmahfudmd.

Baca Juga : Erick Thohir Larang Karyawan BUMN Halal Bihalal Setelah Lebaran

Maka pada pekan pertama setelah lebaran yakni 24-30 April seluruh instansi pemerintah dihimbau tidak menggelar acara halal bihalal terlebih dahulu, acara seperti reuni, syawalan, pengajian, pertemuan, dan sejenisnya boleh dilaksanakan mulai 2 Mei 2023.

Menteri BUMN Erick Thohir kemudian melaksanakan anjuran Mahfud MD. Erick Thohir mengunggah di Instagramnya @erickthohir bahwa jajaran Kementerian BUMN tidak melaksanakan halal bihalal BUMN dan lebih fokus menggelar pasar murah saja.

“Menteri BUMN dan jajaran Kementerian BUMN tidak menggelar halal bihalal dan memerintahkan semua BUMN untuk tidak melaksanakan halal bihalal, segera fokus jalankan rekrutmen BUMN dan pasar murah bersama” tulisnya.

Diketahui berbagai instansi pemerintah yang berhubungan dengan administrasi tutup di masa libur dan cuti lebaran, semua pegawai diliburkan termasuk pegawai pajak, hingga DPR dan Presiden.

Maka momen setelah lebaran ini diharap semua pegawai pemerintah segera fokus membantu urusan masyarakat yang tertunda selama libur lebaran kemarin, agar masyarakat bisa kembali lancar mobilitasnya dan bisa mendapat apa yang dibutuhkan terkait pelayanan administrasi negara. Instansi pemerintah boleh menggelar halal bihalal setelah 2 Mei 2023.

Baca Juga : Pesan Jokowi Untuk Pemudik: Kembali Ke Jakarta Setelah 26 April