TNI AU Akan Kedatangan 5 Unit Pesawat Hercules Baru dari AS

TNI AU akan kedatangan lima unit pesawat Hercules C-130J dari Amerika Serikat untuk memperkuat armada udara Republik Indonesia. 

TNI AU Akan Kedatangan 5 Unit Pesawat Hercules Baru dari AS
TNI AU Akan Kedatangan 5 Unit Pesawat Hercules Baru dari AS. Gambar : Kompas.com/Dok. Garry Lotulung

BaperaNews - TNI AU akan kedatangan lima unit pesawat Hercules C-130J untuk memperkuat armada udara Republik Indonesia. 

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma Indan Gilang menyampaikan bahwa kelima pesawat Hercules C-130J tersebut akan didatangkan secara bertahap dari Amerika Serikat (AS). Pesawat pertama diperkirakan akan datang pada Maret 2023 mendatang. 

Marsma Indan Gilang menyebut bahwa pesawat pertama akan tiba di Lanud Halim pada 6 Maret 2023 yang akan diberangkatkan langsung dari pabriknya yang berlokasi di Lockheed Martin AS pada 28 Februari 2023. 

Ia juga menjelaskan pihaknya telah menyiapkan tiga awak pesawat yang akan ikut dari penerbangan AS menuju Jakarta. Sementara untuk keempat pesawat Hercules C-130J berikutnya, diperkirakan akan tiba di Indonesia pada Juni, Juli, Oktober 2023, dan Januari 2024.

Baca Juga : Pesawat Cessna 340 Berpenumpang 4 Orang Jatuh di Filipina

Perlu diketahui, kelima pesawat Hercules C-130J tersebut akan memenuhi kebutuhan transportasi berat, dan transportasi personel/kargo yang dilakukan oleh TNI AU. 

Marsma Indan Gilang menjelaskan bahwa saat ini TNI AU telah memiliki tiga skadron Hercules, yakni skadron 31 yang berlokasi di Halim, skadron 32 dan 33 di Malang, Ia berharap dengan datangnya pesawat-pesawat tersebut maka kebutuhannya dapat terpenuhi.

Sebagai informasi, sebelumnya pada awal Januari lalu, TNI AU resmi menghentikan operasional pesawat C-130B Hercules A-1312. Penghentian pesawat Skadron 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang tersebut dipimpin langsung oleh KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Dalam pernyataannya saat itu, Marsekal Fadjar Prasetyo menyampaikan pesawat Hercules A-1312 yang sudah mencapai 45 ribu jam terbang, maka operasionalnya resmi dihentikan. Peran A-1312, akan digantikan pesawat Hercules C-130J, yang merupakan pesawat Hercules tipe terbaru.

Baca Juga : Kronologi Helikopter Rombongan Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Bukit Tamia