Telan Anggaran 500 Juta, Patung Bung Karno di Banyuasin Tak Sesuai Ekspektasi

Patung Soekarno di Banyuasin menciptakan polemik karena warganet merasa bentuknya tidak mirip dengan Presiden RI pertama.

Telan Anggaran 500 Juta, Patung Bung Karno di Banyuasin Tak Sesuai Ekspektasi
Telan Anggaran 500 Juta, Patung Bung Karno di Banyuasin Tak Sesuai Ekspektasi. Gambar : PALTV/Dok. Suryadi

BaperaNews - Pemerintah Kabupaten Banyuasin membangun patung Presiden RI pertama Soekarno dengan anggaran mencapai Rp 500 juta. Patung hampir jadi, sudah terlihat bentuk utamanya meski belum sempurna.

Namun, hasil tersebut menjadi bulan-bulanan warganet lantaran dinilai tidak mirip. Soekarno disebut nampak gemuk di patung, tidak seperti bentuk tubuh Soekarno yang selama ini nampak di buku-buku sejarah.

Patung Soekarno tak sesuai ekspektasi warganet pun diduga dikorupsi oknum tertentu. Patung Soekarno Banyuasin tepatnya berada di Sport Center dan rencananya menjadi ikon olahraga, namun karena bentuknya dinilai lebih gempal, patung Soekarno di Banyuasin ini pun banyak dikritik dan viral di media sosial.

“Saya awalnya tahu dari orang-orang di media sosial. Pas lihat langsung patung Soekarno Banyuasin ini kok memang aneh, sama sekali tidak mirip dengan foto Pak Soekarno. Bentuk tubuhnya gempal, wajahnya juga tidak mirip. Jangan dibuat asal-asalan karena hanya ingin cepat selesai” kata warga setempat bernama Susilo (44).

Menurut Susilo, sangat disayangkan jika patung itu tidak direvisi karena sangat tidak mirip dengan foto Soekarno. Warga lain yang sudah melihat patung aslinya juga merasa patung sangat berbeda dengan gambar-gambar Soekarno yang ia lihat di internet. 

Baca Juga : Patung Soekarno Seharga Rp 10 Triliun Akan Dibangun 2024

“Saya sudah lihat sekali. Lucu patungnya, beda dengan patung Soekarno lain yang sudah ada. Bisa dibandingkan dengan foto Soekarno di internet. Jauh sekali perbedaannya, kepalanya terlihat lebih kecil dibanding badannya. Makanya pada disebut korupsi” sambung warga lain bernama Nando.

Pembangunan patung Soekarno Banyuasin berdasarkan LPSE Banyuasin termasuk proyek tender merk dengan dana pagu Rp 500 juta diambil dari APBD 2023.

Tanggapan Pemda Banyuasin

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Kabupaten Banyuasin Sumatra Selatan Ardi Arpani mengakui kritik warganet terkait patung Soekarno di Banyuasin yang tidak mirip Soekarno asli memang benar adanya yakni wajah Presiden RI pertama ini nampak lebih chubby dan badannya lebih gempal. Ardi mengklaim hal ini karena proses pembangunan masih berlangsung jadi belum terlihat hasil pastinya.

“Saya sudah tanya ke tender, kalau kata pekerjanya memang karena belum selesai patung Soekarno Banyuasin ini sehingga belum terlihat. Nanti dilihat saja kalau sudah jadi mirip dengan gambar apa tidak. Kalau tidak sesuai ya pastinya kami minta bongkar dan dibuat baru” ujar Ardi.

“Kalau pekerjanya siapa kami tidak tahu karena semua itu dari kontraktor. Kami hanya lakukan pengawasan intinya patung Soekarno di Banyuasin ini sesuai atau tidak” pungkas Ardi.

Ardi tidak membahas pergunjingan warganet yang menyebut ada korupsi dan lainnya sebab pembuatnya dari kontraktor dan pihak Pemda hanya mengawasi saja.

@baperanews.com Pemerintah Kabupaten Banyuasin membangun patung Presiden RI pertama Soekarno dengan anggaran mencapai Rp 500 juta. Patung hampir jadi, sudah terlihat bentuk utamanya meski belum sempurna. Namun, hasil tersebut menjadi bulan-bulanan warganet lantaran dinilai tidak mirip. Soekarno disebut nampak gemuk di patung, tidak seperti bentuk tubuh Soekarno yang selama ini nampak di buku-buku sejarah. #patungsoekarno #viral ♬ AnySoundEffects Monkeys Spinning Monkeys - Any Sound Effects

Baca Juga : Patung Ir. Soekarno Akan Dibangun di Ibu Kota Rusia