Patung Ir. Soekarno Akan Dibangun di Ibu Kota Rusia

Pembuatan patung Ir Soekarno di sebuah Taman Pusat Seni Museum Moskow adalah salah satu langkah mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Rusia. Simak berita berikut!

Patung Ir. Soekarno Akan Dibangun di Ibu Kota Rusia
Patung Ir. Soekarno Akan Dibangun di Ibu Kota Rusia. Gambar : Patung Bung Karno. (GBK)

Baperanews -  Patung Soekarno akan dibuat di Moskow oleh pemerintah Rusia. Patung Presiden pertama RI tersebut dibangun di sebuah Taman Pusat Seni Museon Moskow.

Ketua Komisi Seni Monumental Duma Kota Moskow, Igor Voskresensky menyebut pembuatan patung Bung Karno itu ialah salah satu langkah mempererat hubungan bilateral Indonesia dan Rusia juga bentuk apresiasi atas peresmian patung Kosmonot Yuri Gagarin di Jakarta tahun 2021.

“Pembangunan patung Presiden Soekarno ini sebagai tanggapan atas dibukanya patung Kosmonot Yuri Gagarin yang dibuat di Jakarta, ibu kota Indonesia tepatnya di Taman Mataram yang telah diresmikan pada 11 Maret 2021 lalu” bunyi unggahan resmi Kedubes Rusia di Twitter pada Sabtu (10/6).

Pembuatan patung Soekarno dibangun di Rusia ini juga punya sisi sejarah dimana Soekarno pernah berkunjung ke Rusia di tahun 1956 silam yang terekam di film dokumenter pusat Uni Soviet.

Soekarno dalam kunjungannya tersebut nampak datang ke Galeri Tretyakov dan berjalan di sisi tepi sungai Moskow dimana saat ini lokasi tersebut berdiri Taman Pusat Seni Museon.

Baca Juga : Arab Saudi Resmi Gabung Blok Keamanan SOC China-Rusia

“Jika kita membuat analogi sejarah patung Soekarno dibangun di Rusia, Soekarno pernah datang ke lokasi yang sekarang dipilih untuk tempat pembuatan patung beliau” sambungnya.

Tentang Patung Kosmonot Yuri Gagarin di Jakarta

Sementara patung Kosmonot Yuri Gagarin di Jakarta telah berdiri megah di Taman Mataram, Jakpus. Diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta tahun 2021 Anies Baswedan.

Yuri ialah kosmonot pertama yang berhasil ke luar angkasa di tahun 1961 menaiki wahana penjelajah Vostok I. Yuri lahir tahun 1934 dan meninggal dunia tahun 1968 pada masa Uni Soviet.

Peresmian patung Kosmonot Yuri Gagarin dipublikasikan Anies di media sosial Instagramnya pada hari Rabu,11 Maret 2021 dihadiri oleh Kedubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva.

“Hari ini, dalam rangka peringatan hubungan bilateral Indonesia-Rusia yang ke-70 sekaligus memperingati hari persahabatan kota Jakarta-Moskow, pemerintah Rusia mempersembahkan patung Kosmonot Yuri Gagarin, kosmonot pertama yang berhasil terbang ke luar angkasa di tahun 1961 silam dengan mengungangi Vostok I. Patung beliau kini berdiri megah menghiasi Taman Mataram, Kebayoran Baru, Jakarta Pusat” kata Anies dalam keterangannya.

Semoga adanya patung tokoh penting dan berpengaruh seperti patung Soekarno dibangun di Rusia dan di Jakarta ini bisa makin mempererat hubungan Indonesia-Rusia serta membuahkan kerjasama positif untuk keuntungan kedua negara ya.

Baca Juga : Rusia Segera Buka Kantor Berita Berbahasa Indonesia di Jakarta!