Tak Usah Repot, Ini Cara Pindahkan Tiang Listrik di Depan Rumah

Adanya tiang listrik di depan rumah memang sangat mengganggu dan beresiko bahaya jika terjadi korsleting listrik. Kini tiang listrik di depan rumah bisa dipindahkan loh, simak caranya.

Tak Usah Repot, Ini Cara Pindahkan Tiang Listrik di Depan Rumah
Cara pindahkan tiang listrik di depan rumah. Gambar : Unsplash.com/Dok. Dina Lydia

BaperaNews - Memiliki halaman rumah yang nyaman, asri, menjadi impian banyak orang. Namun kadang ada hal yang membuat pemandangan kurang menyenangkan, seperti adanya tiang listrik di pekarangan atau di dekat rumah. Tiang listrik di sekitar rumah selain merusak pemandangan juga beresiko bahaya jika terjadi korsleting listrik.

Sebab itu tak ada salahnya meminta pihak terkait untuk memindahkan tiang listrik tersebut. Masyarakat bisa mengajukan permintaan kepada PT PLN Persero secara langsung ke kantor atau dari PLN Mobile.

Senior Manager Komunikasi & Umum PT PLN Unit Jakarta Raya Gunawan menyebut saat ini di Jakarta sudah sedikit wilayah yang dekat dengan tiang listrik, hal ini karena 90% kabel listrik sudah diletakkan di bawah tanah.

Namun jika ada masyarakat yang masih mendapatinya dan merasa terganggu masyarakat bisa mengajukan pemindahan dengan melapor ke PLN. Sebelum melapor dan memindahkan tiang listrik, masyarakat diminta memastikan terlebih dahulu, tiang tersebut memang milik PLN atau bukan.

“Kalau memang ada tiang bisa dicek dulu itu milik PLN atau provider, sebab saat ini juga ada provider telekomunikasi memasang tiang untuk distribusi jaringan mereka jadi harus dipastikan dulu, kalau ada kabel, itu milik PLN” tutur Gunawan.

“Laporan yang datang nanti bisa disebutkan, ingin menggeser atau merubah posisi, misal karena ada perubahan layout rumah atau pengembangan bangunan, itu bisa dilakukan di aplikasi PLN atau lapor ke keluhan pelanggan, petugas akan menindaklanjuti untuk memindahkan tiang listrik” imbuhnya.

Baca Juga : Kementerian ESDM: Tarif Listrik Januari-Maret 2023 Tidak Naik!

Biaya Memindahkan Tiang Listrik 

Memindahkan tiang listrik ternyata tidak gratis, ada biayanya, sesuai dengan lokasi yang akan disurvei petugas terlebih dulu. “Soal biaya itu nanti prosedur selanjutnya, karena kondisi di lapangan beda, enggak bisa disamakan, misalnya jika digeser ada yang bisa merubah konstruksi jaringan, membuat kabel PLN terlalu rendah” ujarnya.

“Ini kan customer, beda dengan biaya sambung atau pasang, ini sesuai kondisi, jika tiang ga bisa dicabut berarti PLN harus sediakan tiang baru atau tiangnya harus pakai pengencang, itu beda biaya lagi” terangnya. Pembayaran dilakukan ke PLN langsung, tidak ke petugas. Berikut cara memindahkan tiang listrik depan rumah.

Cara Memindahkan Tiang Listrik di Depan Rumah dengan Ajukan Permintaan ke PLN Secara Online :

  • Unduh PLN Mobile dan lakukan pendaftaran akun.
  • Masukkan identitas.
  • Jika sudah terdaftar, masuk ke menu “Lainnya” – “Pengaduan” – dan tulis keluhannya.
  • Petugas akan datang dan lakukan survey.

Jika tiang berhasil dipindah, baru akan pelanggan membayar ke PLN, perkiraan besar biayanya bisa ditanyakan ke petugas yang melakukan survey, namun pembayaran dilakukan langsung di PLN, bukan ke petugas lapangan.

Mudah bukan cara memindahkan tiang listrik di depan rumah melalui PLN, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Ini Daftar Motor Yang Dapat Subsidi Untuk Konversi ke Motor Listrik