Rumit, Ini Daftar Ujian Praktik SIM 2023!

Kapolri menyebutkan bahwa masyarakat yang lolos ujian praktik SIM C, nantinya akan bisa melakukan aksi sirlus hal ini dikarebakab sulitnya ujian praktik pembuatan SIM C.

Rumit, Ini Daftar Ujian Praktik SIM 2023!
Rumit, Ini Daftar Ujian Praktik SIM 2023. Gambar : Dok. Detikcom/Suparno Nodhor

BaperaNews - Kapolri Jenderal Listyo Sigit menyebut masyarakat yang lolos ujian praktik SIM C nantinya bisa lakukan aksi sirkus. Hal ini merupakan bentuk sindiran tentang betapa sulitnya ujian praktik yang harus dilakukan para pemohon SIM C.

Diketahui daftar praktik ujian SIM C begitu rumit, seperti mengendarai di angka 8 hingga berkendara secara zig zag yang jelas menyulitkan pemohon. Listyo menyebut polisi yang lakukan ujian praktik SIM C itu sendiri pun juga akan sulit lulus. Maka menurut Listyo, pemohon SIM C yang lulus ujian praktik SIM C dipastikan bisa jadi pemain sirkus.

“Saya kira disini kalayu saya uji dengan materi tes paling mungkin dari 200 yang lulus 20, bener enggak? enggak percaya? atau hari ini langsung saya bawa ke Daan Mogot? kaliang langsung saya uji? Karena yang lolos dari situ pasti langsung bisa jadi pemain sirkus” kata Listyo kepada para jajarannya ketika berpidato di upacara wisuda kepolisian di Jakarta Selatan hari Rabu (21/6).

Diketahui tes berkendara di angka 8 dan zig zag adalah salah satu uji praktik SIM yang paling banyak dikeluhkan pemohon SIM C, paling banyak membuat pemohon SIM C tidak lulus. Tahap uji praktik ini sendiri memang telah tertera di Peraturan Kapolri 9/2012 Pasal 62.

Baca Juga : Simple! Begini Cara Bayar E-Tilang Secara Online Pakai Tokopedia

Daftar Ujian Praktik SIM C

Berikut daftar ujian praktik SIM C menurut beleid tersebut.

  • Zig Zag (Slalom)

Pengendara motor harus bisa lewati jalur secara zig zag dengan melintasi patok kerucut dengan kecepatan 10 km/jam pada ujian SIM 2023. Jarak antar patok 1,5 kali dari panjang kendaraan bermotor, posisi jari tangan tidak boleh menekan tangkai kopling, dan pengereman sebelum titik berhenti ditentukan.

  • Berkendara di Angka 8

Yakni berkendara di sebuah susunan patok yang sudah disusun menjadi angka 8. Pemohon SIM C diharuskan bisa ikuti petunjuk arah, tidak berhenti, kaki tidak menginjak tanah, dan jari tangan tidak menarik rem maupun kopling. Di atas garis angka 8 diberi patok berjarak 1,5 kali dari panjang kendaraan. Ujian SIM 2023 ini menjadi PR bagi banyak peserta yang seringkali gagal pada tahap ini.

  • Keseimbangan dan Pengereman

Menjalankan motor dengan kecepatan 30 km/jam lalu berhenti dengan teknik kombinasi rem tangan dan kaki. Jarak dari awal sampai finish ialah 9 buah patok.

  • Reaksi Rem Menghindar

Pengendara motor harus pakai transisi gigi 2 atau 3, kemudian lakukan uji rem menghindari di patok atau garis kuning, lepas rem di patok garis hijau, dan membelok sesuai petunjuk.

  • U-Turn

Ialah tes praktik membentuk huruf U di jalan sempit yang lebarnya hanya 2 kali panjang kendaraan bermotor, pemohon SIM C harus bisa lakukan U-Turn tanpa menginjakkan kaki di lapangan dan pandangan ke arah yang dituju.

Daftar ujian praktik SIM C terkesan rumit, namun itulah kenyataan yang ada di lapangan terkait ujian SIM 2023. Tak heran jika ujian praktik SIM C di Indonesia banyak dikeluhkan masyarakat bahkan disebut Listyo bisa menjadikan pesertanya yang lulus untuk lakukan atraksi sirkus.

Baca Juga : Syarat Baru Bikin SIM: Wajib Punya Sertifikat Mengemudi