Rangkuman Covid-19, Posko Vaksinasi Jalur Mudik Diprediksi Akan Ramai

Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada akan covid-19 dengan melakukan vaksinasi booster agar bisa segera beralih ke endemi dan pergi mudik!

Rangkuman Covid-19, Posko Vaksinasi Jalur Mudik Diprediksi Akan Ramai
Ilustrasi Vaksin. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Meskipun covid-19 kasusnya sudah menurun dan pemerintah sudah melonggarkan berbagai aturan pembatasan yang sebelumnya diberlakukan, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada akan covid-19 dengan melakukan vaksinasi secara lengkap sampai booster agar bisa segera beralih ke endemi.

Tentunya masih ada berbagai kabar terkait covid-19 yang kita rangkum informasi terbarunya selama 24 jam terakhir sebagai berikut.

  1.       Posko Vaksinasi di Jalan Mudik

Lebaran tahun ini sudah diizinkan mudik setelah 2 tahun lamanya mudik dilarang akibat pandemi covid-19, namun dengan syarat khusus untuk masyarakat yang sudah vaksinasi covid-19 lengkap sampai booster. Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengatakan pihaknya akan menyediakan posko vaksinasi di titik-titik yang biasa menjadi jalur mudik. “Di jalur mudik nanti akan kami siapkan posko layanan vaksinasi tambahan” ujarnya hari Sabtu 26 Maret 2022. Masyarakat yang baru vaksinasi covid-19 dua kali juga boleh mudik lebaran, namun harus melengkapi diri dengan hasil pemeriksaan antigen negatif covid-19.

  1.       Wisatawan di Bali Membludak

Sejak dilonggarkannya aturan masuknya WNA dan wisatawan lokal ke Bali yakni tidak ada karantina lagi bagi yang sudah vaksinasi covid-19 sampai booster, wisatawan dari lokal Indonesia maupun luar negeri menjadi membludak, dari data Ditjen Imigrasi Kemenkumham RI, kedatangan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dari Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Soetta naik signifikan, tanggal 13-24 Maret sebanyak 7.317 WNA masuk dari Bali, dan pada 25 Maret 2022 sebanyak 2.470 WNA masuk dari Tangerang.

Baca Juga: Terdakwa Korupsi Rp 27 Miliar Divonis Bebas, Jaksa Akan Ajukan Kasasi

  1.       Kasus Bunuh Diri Naik

Selama pandemi covid-19, kasus bunuh diri naik di Bali, dari data Komunitas Lisa Helpline Bali tercatat selama tahun 2020 ada 64 orang dan tahun 2021 meningkat jadi 125 orang, hampir dua kali lipatnya.

  1.       Aplikasi PeduliLindungi Akan Dirombak

Kemenkes sedang mempersiapkan sejumlah fitur terbaru di aplikasi PeduliLindungi untuk menghadapi berubahnya masa pandemi ke endemi di Indonesia, fitur tambahan salah satunya sebagai citizen health atau akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Indonesia. “Kami akan tetap memakai platform PeduliLindungi yang sama nantinya untuk mengembangkan citizen health” ujar Chief of Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji hari Sabtu 16 Maret 2022.

Baca Juga: Dea Onlyfans Sebar Sendiri Video Porno Motif Dapatkan Uang