Puluhan Ular Hangus Terbakar Imbas Kebakaran Lahan Gunung Sindur

Video viral menunjukkan akibat kebakaran hutan di Gunung Sindur, Jawa Barat, dengan puluhan ular besar yang mati terbakar.

Puluhan Ular Hangus Terbakar Imbas Kebakaran Lahan Gunung Sindur
Puluhan Ular Hangus Terbakar Imbas Kebakaran Lahan Gunung Sindur. Gambar : Tangkapan Layar Instagram/@gunungsindurbogor

BaperaNews - Sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @.gunungsindurbogor menjadi viral dan menampilkan pemandangan yang sangat tak biasa.

Video tersebut memperlihatkan puluhan ular besar yang mati terbakar setelah kebakaran hutan dan lahan melanda daerah tersebut di wilayah Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Dalam video tersebut, tampak seseorang mengangkat ular-ular yang sudah gosong akibat kebakaran. Tidak hanya satu atau dua, melainkan puluhan ular berukuran lumayan besar yang mati.

Keterangan dalam video menjelaskan, "Warga menemukan banyaknya ular berukuran lumayan besar mati pasca terjadinya kebakaran di Gunung Sindur, lahan kosong jalan pahlawan Kp Bulak Saga arah RSUD Cogreg Parung siang hari ini."

"Pantesan di empang lele belakang RSUD Parung sering ada uler gede. Mungkin emang sarangnya kali ya." ungkap warganet.

Baca Juga : Mulai 1 November, Naik Gunung Gede Pangrango Wajib Daftar Pakai Aplikasi Siap-Gepang

"Gede bgt serem, ada hikmahnya kebakaran biar tidak masuk ke pemukiman warga. Dia terbakar, tapi ada kasihan juga. Serem kalau masih hidup." tulis lainnya.

"Di setiap musibah ada hikmahnya, jadi ketauan kan ada ular. Kalau masih hidup, memang berbahaya. Karena adanya kebakaran, ular-ular ini akhirnya mati."

Dikonfirmasi oleh Danru Damkar Sektor Parung, Muhammad Alfitriyadi. Alfitriyadi mengonfirmasi bahwa sedikitnya ada 10 ular yang mati, termasuk ular sanca, koros, dan kobra dengan panjang mencapai 4 meter. Mereka mati akibat dampak dari kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Gunung Sindur.

Kendati kebakaran telah berhasil dipadamkan, penyebab pasti dari insiden kebakaran tersebut masih belum diketahui dan masih dalam tahap penyelidikan. Insiden ini terjadi siang hari sekitar jam 1-an. 

Meski begitu, tentu akan ada akibat dari kematian ular ini, seperti merusak rantai makanan. Kemungkinan populasi tikus atau hama yang biasa dimakan ular akan semakin banyak diwilayah itu.

@baperanews.com Video tersebut memperlihatkan puluhan ular besar yang mati terbakar setelah kebakaran hutan dan lahan melanda daerah tersebut di wilayah Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat #kebakaran#gunungsindur#ular#baperanews ♬ Backsound Musik Tegang - Faid rafanda

Baca Juga : Kebakaran Gunung Merbabu di Jawa Tengah Capai 400 Hektar, Ratusan Warga Terpaksa Mengungsi