Puing Roket China Lintasi Lampung Hingga Sumsel Dan Jatuh Di Sekitar Filipina

Benda asing yang melintasi Lampung dan Sumsel ialah sampah antariksa CZ5B yakni roket bekas milik China yang jatuh ke bumi.

Puing Roket China Lintasi Lampung Hingga Sumsel Dan Jatuh Di Sekitar Filipina
Puing roket China lintasi Lampung hingga Sumsel dan jatuh di sekitar Filipina. Gambar : news.detik.com

BaperaNews - Benda asing melewati langit Sumatera Selatan dan Lampung membuat warga setempat geger. Benda asing tersebut ialah sampah antariksa CZ5B yakni roket bekas milik China yang jatuh ke bumi.

Menurut Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) roket tersebut berbobot 20 ton dan panjang 30 meter.

“Terpantau, Indonesia di wilayah Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat terlintasi pada saat-saat akhir lintasan bekas roket” ujar peneliti BRIN Thomas Djamaluddin (31/7).

Thomas menyebut roket jatuh di Samudra Hindia pada Sabtu (30/7) pukul 23.45 WIB, namun roket yang jatuh di laut dipastikan tidak berbahaya bagi biota laut di perairan tersebut.

Dari data orbit pemantauan space-track.org, menunjukkan lokasi titik jatuhnya roket China ialah di barat daya Indonesia. “Namun bisa jadi ada pecahan yang tersebar di sepanjang lintasan terakhir, orbitnya melintasi Sumatera Selatan” imbuhnya.

Jika ada warga yang melihat ada benda asing jatuh di langit sekitar pukul 23.45 WIB, bisa segera melapor ke BRIN melalui email ke [email protected].

Sementara itu, Kepala Pusat BRIN Emanuel Sungging mengatakan dari hasil analisi tim, roket China yang menjadi sampah antariksa tersebut akan jatuh di wilayah Filipina Selatan, 10 km dari Sarawak, Malaysia. Proses jatuhnya berhasil direkam oleh pengamat Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL).

Baca Juga : Wajib Tahu! Berikut Nama-Nama Galaksi Di Alam Semesta Dan Ciri-Cirinya

Sedangkan Kementerian Sains dan Teknologi Malaysia (MYSA) juga melaporkan muncul serpihan roket di wilayah Malaysia pada (31/7) yang dibuktikan dengan kesaksian seorang warga Malaysia.

Warga Malaysia tersebut berhasil merekamnya dengan ponsel yang kemudian tersebar dan viral.

Serpihan roket milik China tersebut jatuh dan terbakar ketika melewati atmosfer, namun diperkirakan masih ada serpihan atau sisa-sisanya ketika masuk ke ruang udara di Bumi yang dilihat oleh warga sebagai benda asing jatuh dari langit.

Sebelumnya roket China tersebut sudah diperkirakan akan jatuh, namun tidak dijelaskan dimana perkiraan lokasi jatuhnya.

Pihak Astronomi China hanya memastikan jika serpihan roket yang jatuh tidak akan berbahaya bagi manusia maupun bagi makhluk lainnya di bumi karena roket telah terbakar dan hancur di atmosfer ketika jatuh ke bumi, bagian yang masuk dan berhasil ke ruang di bumi hanyalah sisa-sisanya yang tidak akan berdampak apapun bagi semua penduduk bumi.

Baca Juga : Roket Milik China Akan Jatuh Ke Bumi! Apakah Berbahaya?