Hacker Lain Mulai Muncul Usai Bos Bjorka Ditangkap FBI

Pengelola BreachForums tempat hacker Bjorka menjual seluruh data curiannya ditangkap oleh FBI pada Rabu 15 Maret 2023 di New York, Amerika Serikat.

Hacker Lain Mulai Muncul Usai Bos Bjorka Ditangkap FBI
Bos Bjorka Ditangkap FBI. Gambar : Kompas.com/Dok. Galuh Putri Riyanto

BaperaNews - Pengelola BreachForums tempat Bjorka menjual data curiannya ditangkap oleh FBI, pengelola tersebut ialah akun Pompompurin, ia ditangkap di rumahnya di New York, Amerika Serikat setelah digeledah. BreachForums ialah sumber utama lokasi jual beli data pribadi milik ratusan juta warga dari seluruh dunia.

Bjorka salah satu hacker yang aktif di forum tersebut, berkali-kali menjual data yang ia klaim milik warga Indonesia dari berbagai situs yang ia hack diantaranya dari MyPertamina, data Pemilu, hingga data surat menyurat Presiden Indonesia Jokowi.

Bos Bjorka ditangkap FBI pada Rabu 15 Maret 2023 dengan dakwaan tindak konspirasi dan mengajak orang lain mengakses data pribadi orang tanpa izin. Agen FBI bernama John Longmire menyebut Bos Bjorka ditangkap FBI yang bernama asli Conor Brian itu mengaku ia adalah pemilik BreachForum.

“Ia menyampaikan secara sepotong dan substantif bahwa namanya ialah Conor Brian Fitz Patricks ia memakai nama akun Pompompurin, dan ia juga mengelola BreachForums” tutur John Longmire.

Conor Brian dilepas pada Kamis (17/3) dengan uang jaminan US$300.000 yang diberikan oleh orang tuanya. Conor Brian dijadwalkan bersaksi di Pengadilan pada (24/3) mendatang.

Baca Juga : Hacker Bjorka Jual 19 Juta Data Peserta BPJS Ketenagarakerjaan

Salah satu stasiun TV lokal AS, HackerNews memberitakan penggeledahan rumah ini berakhir dengan barang bukti setelah Bos Bjorka ditangkap FBI. “Penyidik membawa barang bukti yang diletakkan di beberapa kantong dari rumah tersebut” ujar reporter berita.

Dalam pembebasan bersyarat tersebut, Conor Brian dilarang menghubungi temannya, dilarang memiliki paspor, dan dilarang memakai narkoba. Sebelumnya forum serupa bernama RaidForums dibubarkan karena aksi serupa, tiga bulan setelahnya muncul BreachForums.

Usai Bos Bjorka ditangkap FBI, muncul anggota forum bernama Baphomet menyatakan sebagai pengelola baru BreachForums, ia memastikan tidak ada akses yang diubah atau infrastruktur forum yang dimodifikasi.

“Satu-satunya komentar saya untuk penegak hukum ialah saya tidak cemas atas keselamatan saya, untungnya tidak ada singa gunung yang menyerang di perahu kecil saya” kata Baphomet. Forum disebut tetap akan beroperasi sebagai tempat jual beli data pribadi seperti biasanya.

Pihak FBI juga belum mengumumkan langkah selanjutnya, apa akan ada tersangka lain yang ditangkap atau akan dilakukan penutupan pada BreachForums sebagaimana yang telah dilakukan pada RaidForums mengingat jual beli data pribadi merugikan banyak orang di seluruh dunia.

Baca Juga : Viral Video CCTV Bjorka, Jika Diputar Bisa Bikin HP Ngelag Hingga Mati