Wajib Tahu! Berikut Nama-Nama Galaksi Di Alam Semesta Dan Ciri-Cirinya

Terdapat ribuan galaksi yang begitu indah di alam semesta, berikut ciri-ciri galaksi hingga nama-nama dari galaksi yang kamu harus tahu!

Wajib Tahu! Berikut Nama-Nama Galaksi Di Alam Semesta Dan Ciri-Cirinya
Nama dan ciri Galaksi di alam semesta. Gambar : pixabay.com

BaperaNews - Galaksi merupakan suatu sistem gravitasional yang bersifat masif. Di dalam galaksi terdiri atas miliaran bintang, sia-sisa atau pendamping bintang. Galaksi juga merupakan suatu sistem di dalam ruang angka yang memiliki miliaran bintang di dalamnya serta beberapa benda langit lainnya yang bisa bergerak dengan kecepatan tertentu. 

Di alam semesta yang indah ini, terdapat ribuan galaksi yang begitu indah. Matahari dari sistem tata surya juga merupakan satu dari ratusan miliar bintang yang berada dalam satu galaksi. Semakin ke arah pusat galaksi, jarak antar bintang akan semakin dekat atau bisa disebut kerapatan galaksi ke arah pusat semakin besar.

Diketahui, galaksi memiliki beberapa ciri-ciri yang perlu untuk kamu ketahui.

Berikut Ciri - Ciri Galaksi: 

  1. Sumber cahaya nya berasal dari galaksi itu sendiri dan bukan cahaya pantulan.
  2. Jarak antara galaksi satu dengan yang lain memiliki jarak jutaan tahun cahaya.
  3. Galaksi-galaksi lainnya bisa terlihat berada di luar Galaksi Bimasakti. 
  4. Galaksi mempunyai bentuk yang khusus, seperti bentuk spiral, bentuk elips, dan bentuk tidak beraturan. 
  5. Galaksi memiliki inti yang bercahaya di pusatnya sehingga sangat mudah untuk dikenali. 

Nama - Nama dari Galaksi

Dilansir dari modul alam semesta dan benda-benda angkasa (2000) oleh Mohammad Soerjani ternyata ada beberapa nama-nama galaksi yang berada di alam semesta ini. Yang kita tahu hanya Bima Sakti dan Andromeda saja nih. 

Baca Juga : Ada Wilayah Di Bumi Yang Mirip Dengan Planet Mars, Ini Wilayahnya!

Oleh karena itu kamu harus mengetahui nama-nama galaksi yang berada di alam semesta ini.

Berikut ini Nama - Nama Galaksi : 

  1. Galaksi Bima Sakti 

Galaksi Bima Sakti pertama kali ditemukan pada 18 Juli 1783 oleh seorang astronom asal Inggris yakni William Herschel. Diketahui, Galaksi Bima Sakti mempunyai 40 miliar bintang dengan garis tengah sekitar 130.000 tahun cahaya (1 tahun cahaya sama dengan 9.500 miliar kilometer). 

  1. Galaksi Ursa Mayor

Galaksi Ursa Mayor memiliki jarak sekitar 10.000 tahun cahaya dari galaksi utama yakni galaksi Bima Sakti. Diketahui, Galaksi Ursa Mayor memiliki bentuk elips dan juga rapat jika dibandingkan dengan bentuk atau nama dari galaksi lain. 

  1. Galaksi Magellan

Galaksi Magellan merupakan galaksi  yang cukup dengan galaksi Bima Sakti. Galaksi Magellan memiliki jarak kurang lebih dari 150.000 tahun cahaya dan letaknya berada di bagian langit selatan. Berbeda dengan galaksi lain, galaksi Magellan ini bentuknya cukup tidak beraturan. 

  1. Galaksi Black Eye

Galaksi Black Eye mempunyai cincin dan warnanya sangat gelap. Hal tersebut ditemukan oleh Charles Messier pada 1781. Galaksi ini mempunyai ciri khas dari cincin yang terbuat dari kabut dan mengelilingi pada inti yang bersinar. Para ahli memperkirakan jika interval atau jarak dari galaksi Black Eye sekitar 16 juta hingga 17 juta tahun cahaya. 

  1. Galaksi Jauh

Seperti namanya, galaksi Jauh memang jaraknya sangat jauh dari galaksi Bima Sakti. Jarak interval dari galaksi Bima Sakti sekitar 10 juta tahun cahaya. Contoh galaksi jauh ini ada galaksi Whirlpool, Triangulum, dan galaksi Silvery. 

Baca Juga : Simak! 8 Destinasi Di Mars, Harga Rp 1,4 M Untuk Orang Terkaya Di Bumi