Pria Aceh Nekat Selundupkan 12 Kg Sabu ke Jakarta Demi Berobat Anak

Seorang pria tertangkap di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar karena membawa sabu-sabu seberat 1,2 kg untuk biaya pengobatan anak kandungnya.

Pria Aceh Nekat Selundupkan 12 Kg Sabu ke Jakarta Demi Berobat Anak
Pria Aceh Nekat Selundupkan 12 Kg Sabu ke Jakarta Demi Berobat Anak. Gambar: Sumselbnn.go.id

BaperaNews - Seorang pria berinisial JS (28) tertangkap di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar pada Jumat, 12 Januari 2024, karena membawa sabu-sabu seberat 1,2 kg. JS, yang merupakan penumpang pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 1474, rencananya akan berangkat ke Jakarta.

Namun, rencana tersebut berubah menjadi kejadian yang memilukan ketika petugas bandara mendeteksi kejanggalan pada tubuh JS saat melakukan pemeriksaan menggunakan X-ray.

Menurut Kapolsek Kuta Baro Iptu Muhammad Jabir, petugas melihat kejanggalan pada tubuh JS, warga Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, yang kemudian mengarah pada penggeledahan. Hasilnya, enam paket sabu-sabu ditemukan di pinggang celana yang dikenakan oleh JS.

"Saat pemeriksaan penumpang menggunakan X-ray, terlihat ada kejanggalan di tubuh warga Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, tersebut. Petugas kemudian melakukan penggeledahan dan ditemukan enam paket sabu-sabu di pinggang celana yang dikenakan," kata Iptu Muhammad Jabir seperti yang dilansir Antara, Senin (15/1).

Baca Juga : 25 Pengedar Narkoba di Bogor Berhasil Ditangkap, Polisi Amankan 244 gr Sabu

Selain sabu-sabu, petugas juga berhasil menyita barang bukti lainnya seperti uang tunai sebesar Rp 1,9 juta lebih, kartu ATM, ponsel, jam tangan, dan kartu identitas lainnya. Kasus ini menjadi sorotan karena selain besarnya jumlah sabu-sabu yang berhasil diselundupkan, juga karena alasan di balik tindakan nekat JS.

Saat diinterogasi, JS mengaku bahwa sabu-sabu tersebut dititipkan oleh seseorang berinisial PT. Barang haram itu diserahkan di tengah perjalanan menuju Bandara SIM.

Alasan di balik aksi nekat JS adalah karena sabu-sabu tersebut dijadikan sebagai biaya perjalanan ke Jakarta. JS menyatakan bahwa PT membiayai perjalanannya hingga ke Jakarta, dan ia menerima tawaran tersebut karena membutuhkan biaya obat anak yang sedang sakit.

"PT membiayai perjalanan JS hingga ke Jakarta. JS menerima tawaran itu karena membutuhkan biaya berobat untuk anaknya yang sedang sakit," ungkap Iptu Muhammad Jabir.

Baca Juga : Kurir Sabu Ditangkap Usai Transaksi 500 Gram di Depan Masjid