Penyebab Kloset Meledak Hingga Lukai Warga Duren Sawit

Seorang warga Duren Sawit mengalami luka bakar dan dilarikan ke Rumah Sakit usai kejadian kloset meledak

Penyebab Kloset Meledak Hingga Lukai Warga Duren Sawit
Kloset Meledak di Duren Sawit. Gambar: detik.com

BaperaNews - Heboh peristiwa meledaknya wc jongkok di rumah seorang warga di kawasan Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Jumat pagi (1/3) menyebabkan salah satu pemilik rumah dengan kloset meledak mengalami luka bakar. Kejadian kloset meledak terbilang aneh mengingat wc biasa berisi air dan tidak mudah menjadi sumber api.

Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jaktim Gatot Sulaeman menyebut kejadian bermula ketika pemilik rumah bernama Eli (57) sedang berada di dalam kamar mandi, tiba-tiba wc jongkok di kamar mandi tersebut meledak dan tidak diketahui sebabnya.

“Korban kloset meledak saat itu sedang berada di kamar mandi, tiba-tiba wc jongkoknya meledak keluar api tanpa diketahui sebabnya” ujar Gatot. Dugaan awal, ledakan terjadi karena saluran pembuangan gas dalam kondisi tidak baik. Akibat ledakan kloset tersebut, Eli mengalami luka bakar di kakinya karena terkena percikan api. “Bagian klosetnya sampai terangkat ke atas dan kaki korban kena api dari kloset” imbuhnya.

Eli pun menghubungi pemadam kebakaran. Sebanyak 1 unit pemadam kebakaran dengan 3 personel diterjunkan ke lokasi untuk lakukan penanganan, beruntung ledakan tidak sampai membuat api merambat. “Petugas pemadam kebakaran datang sudah tidak ada nyala api, korban juga sudah dibawa ke RS Duren Sawit, petugas hanya ambil data untuk dokumentasi” pungkas Gatot.

Baca Juga: Demi Bayar Utang Judi Slot, Barista di Pontianak Rampok Uang di Alfamart

Bagaimana Kloset Bisa Meledak?

Faktanya, meski wc jongkok banyak berisi air, namun juga bisa meledak. Hal ini bukan jadi bahan tertawaan namun harus jadi kewaspadaan yang perlu diperhatikan dan dicegah. Kasus wc meledak bukan pertama kali terjadi di rumah Eli, namun di Indonesia maupun di luar negeri juga pernah terjadi sebelumnya.

Kloset bisa meledak jika seseorang menaruh bubuk mesiu yang nantinya akan tersulut atau jika menyemprotkan pengharum ruangan ke kloset. Sebab lain terjadinya ledakan di kloset ialah tekanan air di dalam kloset yang mencapai 60 psi di tangki kebocoran atau adanya udara masuk ke pipa air.

Ketika ada udara bertekanan tinggi di dalam kloset dan disiram air, maka menghasilkan ledakan di kloset tersebut. Di Amerika Serikat pernah terjadi kasus ledakan kloset karena banyaknya tekanan di saluran pembuangannya, karena terlalu banyak kotoran dan pipanya mengalami penyumbatan.

Sebab itu lakukan pembersihan di tempat pembuangan kloset dan lakukan pengecekan oleh pihak yang memahami secara berkala untuk mencegah masalah pada kloset termasuk mencegah kloset meledak.

Baca Juga: 3 Remaja Tewas Usai Dipaksa Minum Alkohol Oplosan 96 Persen