Kronologi Gubernur Filipina Tewas Ditembak Oleh Kelompok Bersenjata

Gubernur Filipina tewas ditembak oleh kelompok bersenjata pada hari Sabtu (4/3). Berikut kronologi penembakan Gubernur Filipina.

Kronologi Gubernur Filipina Tewas Ditembak Oleh Kelompok Bersenjata
Ilustrasi penembakan Gubernur Filipina. Gambar : Freepik.com/kjpargeter

BaperaNews - Ngeri, seorang Gubernur Filipina tewas ditembak oleh kelompok bersenjata pada Sabtu (4/3). Lima orang warga juga tewas dalam insiden tersebut. Presiden Filipina Ferdinand Macros mengutuk aksi pembunuhan tersebut.

Gubernur yang tewas ialah Gubernur Filipina Tengah,Oriental Negros, Roel Degamo. Ia adalah sekutu politik Presiden.

“Pemerintah saya tak akan berhenti sampai kami membawa para pelaku kejahatan yang bengis dan pengecut ke pengadilan” tutur Macros hari Sabtu.

Pihak keluarga gubernur Filipina ditembak mati yakni Gubernur Degamo mengkonfirmasi bahwa Degamo tewas karena luka tembak yang terjadi hari Sabtu, (4/3) di kediamannya pukul 11.41 waktu setempat.

Istri Gubernur Filipina, Janice mengatakan suaminya tidak pantas untuk mendapat kematian seperti itu. Berikut kronologi penembakan Gubernur Filipina oleh kelompok bersenjata.

Baca Juga : Pembunuhan Bos Ayam Goreng di Bekasi: Diancam Potong Gaji Hingga Dipukul Tabung Lpg

Kronologi Penembakan Gubernur Filipina 

Janice menceritakan, ketika kejadian Gubernur Filipina ditembak, Gubernur Degamo sedang kedatangan para tamu konstituen dan kepala departemen, namun tiba-tiba muncul sekelompok penyerang tidak dikenal yang menembak dengan senjata api.

“Ada lima orang yang juga tewas bersamanya, mereka disana untuk meminta bantuan. Berikan Gubernur keadilan yang layak diterimanya” tutur Janice. 

Degamo sedang berada di luar rumah ketika kejadian, mengobrol dengan beberapa konstituen, hingga akhirnya datang pelaku bermobil SUV menembaki Degamo berulang kali dan beberapa warga lainnya.

Degamo dan para korban lain sempat dilarikan ke rumah sakit namun nyawanya tidak tertolong. Polisi menyebut pelaku ada enam pria, mereka membawa pistol dan memakai baju yang mirip dengan angkatan bersenjata.

Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah Filipina, Benjamin Benhur mengutuk keras aksi pembunuhan Gubernur Filipina ditembak mati tersebut.

Baca Juga : Fakta Ngeri di Kasus Mutilasi Abby Choi, Bikin Geger Dunia

Benhur memberi arahan kepada Pengadilan Negeri Filipina dan polisi untuk lakukan operasi pengejaran pada para pelaku, agar para pelaku bisa segera bertanggung jawab atas kejahatan ini. 

“Pasukan kepolisian telah dikerahkan untuk menjelajahi semua sudut kawasan, untuk bisa segera menangkap pembunuh itu” pungkas Benhur.

Pihak kepolisian dan keluarga Gubernur Degamo belum mengetahui motif apa di balik pembunuhan ini, bisa jadi berhubungan dengan politik. Hal ini akan diselidiki usai para pelaku ditangkap. 

Polisi menyisir semua kawasan untuk temukan pelakunya. Para pejabat di Filipina sampaikan kutukan yang senada dengan Presiden Macros, berharap para pelaku bisa segera ditangkap dan diketahui motifnya melakukan tindak keji tersebut.

Baca Juga : Kronologi 2 Wanita Tewas Dicor Semen di Bekasi, Pelaku Bunuh Diri