Pendaftaran Relawan KIP Kuliah Merdeka 2023 Dibuka, Simak Syarat Hingga Cara Daftar

Pendaftaran Relawan KIP Kuliah Merdeka 2023 telah dibuka hingga 31 Desember 2022. Berikut syarat daftar hingga cara daftar Relawan KIP Kuliah Merdeka 2023.

Pendaftaran Relawan KIP Kuliah Merdeka 2023 Dibuka, Simak Syarat Hingga Cara Daftar
Pendaftaran Relawan KIP Kuliah Merdeka 2022 dibuka. Gambar : Instagram/@merdekapelajar_ri

BaperaNews - Dibuka pendaftaran relawan KIP-K (Kartu Indonesia Pintar-Kuliah) Merdeka 2023. Tugasnya ialah melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada siswa siswi kelas XII atau lulusan SMA sederajat tahun ajaran 2021 dan 2022 khususnya mereka yang masuk di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos maupun yang belum terdata di DTKS.

Program Relawan KIP Kuliah Merdeka 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dibuka dari 20 - 31 Desember 2022 dan tidak ada batasan usia untuk menjadi relawan.

KIP Kuliah sendiri ialah bantuan dana pendidikan yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek, ditujukan bagi siswa yang ingin kuliah namun terkendala biaya. Bantuan yang diberikan berupa uang kuliah, uang saku, dan uang pangkal. Bantuan menyesuaikan biaya program studi di tiap daerah.

Paling besar, siswa mendapat Rp 1,4 juta per bulan untuk biaya hidup dan Rp 12 juta per semester untuk dana pendidikan. Meski belum ada informasi tentang KIP-K Merdeka 2022, untuk alur dan syaratnya diperkirakan hampir sama dengan tahun 2022, sebab itu dibutuhkan relawan untuk mensosialisasikan program ini, untuk bisa diketahui siswa yang membutuhkan agar mereka bisa menggapai pendidikan terbaik.

Hanya siswa dengan potensi akademik terbaik yang memiliki masalah keuangan atau berasal dari keluarga tidak mampu yang diperbolehkan mendaftar KIP-K Merdeka.

Persyaratan menjadi Relawan KIP Kuliah Merdeka 2023 sangat mudah diikuti, untuk itu ikuti informasi yang dirangkum oleh Tim Redaksi Bapera News tentang syarat daftar Relawan KIP Kuliah Merdeka, keuntungan jadi Relawan KIP-Kuliah Merdeka, cara daftar Relawan KIP-K Merdeka 2023 hingga jadwal prosesnya!

Baca Juga : KIP Kuliah Hadir Kembali di 2023, Simak Syarat Hingga Tahapan KIP Kuliah!

Keuntungan Jadi Relawan KIP Kuliah Merdeka 2023:

  • Jejaring relawan se Indonesia.
  • Materi KIP kuliah dan jalur masuk universitas.
  • E-sertifikat.
  • Merchandise merdeka belajar untuk 10 relawan terbaik.

Syarat Daftar Relawan KIP Kuliah Merdeka 2023 :

  1. Berkomitmen tidak melanggar 3 dosa besar pendidikan.
  2. Memiliki semangat sosial dan kerelawanan tinggi.
  3. Bisa berkomunikasi dengan baik.
  4. Memiliki pengetahuan luas tentang KIP-K Merdeka 2023.
  5. Mengisi data di link pendaftaran.

Lalu bagaimana cara daftar Relawan KIP Kuliah Merdeka 2023? untuk Anda yang ingin menjadi bagian Relawan KIP-K Merdeka lansung mengisi link pendaftaran ini https://docs.google.com/forms/d/1BCc5hUpILq8hHYbcPbiXg0qaRhmiPDYIZagbtTtFMxg/viewform?edit_requested=true atau Klik Disini.

Relawan KIP-K Merdeka 2023 diadakan secara offline atau online sesuai dengan kemampuan relawan, namun lebih baik dilakukan offline/tatap muka karena yang relawan bimbing ialah adik tingkat.

Baca Juga : Beasiswa Youth Break The Boundaries, Simak Syarat Hingga Fasilitasnya!

Untuk menjadi Relawan KIP Kuliah Merdeka 2023 tidak mendapatkan uang, karena program ini bersifat kerelawanan. Bagi Anda yang bukan mahasiswa Non KIP Kuliah kalian juga bisa mengikuti jadi Relawan KIP-K Merdeka 2023, karena untuk menjadi Relawan KIP Kuliah Merdeka 2023 bisa diikuti oleh mahasiswa KIP Kuliah (Bidikmisi), alumni Bidikmisi, mahasiswa non KIP Kuliah, kepala sekolah, guru BK, operator sekolah, guru, dosen, dan sarjana.

Bagi kalian para pendaftar Relawan KIP Kuliah Merdeka 2023, Anda bisa simak informasi terbaru selanjutnya di sosial media Instagram @merdekapelajar_ri.

Saat Anda sudah daftar Relawan KIP-K Merdeka 2023, pastikan Anda mengetahui jadwal pendaftaran agar tidak telat informasi dan mempersiapkan dengan matang agar Anda bisa sampai tahap akhir atau diterima sebagai Relawan KIP-K Merdeka 2023.

Jadwal Proses Relawan KIP Kuliah Merdeka 2023:

  • Pendaftaran : 20 - 31 Desember 2022.
  • Seleksi : 1 - 5 Januari 2023.
  • Pengumuman : 6 Januari 2023.
  • Pembekalan : 8 Januari 2023.
  • Penutupan : 1 Agustus 2023.

Selamat mendaftar, semoga sukses!

Baca Juga : BCA Buka Lowongan Kerja Hingga 31 Desember Untuk 4 Posisi