Pemkab Paluta Gelar Upacara HUT KORPRI ke-52

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menggelar upacara dalam rangka memperingati HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-52 pada Senin (24/12).

Pemkab Paluta Gelar Upacara HUT KORPRI ke-52
Pemkab Paluta Gelar Upacara HUT KORPRI ke-52. Gambar : Istimewa

Paluta, BaperaNews - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menyelenggarakan upacara peringatan HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-52 yang mengangkat tema "KORPRIkan Indonesia" di Halaman Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Senin (04/12/2023).

Upacara KORPRI ke-52 tersebut turut dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., Wakil Ketua DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara Basri Harahap, Kepala Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara Hartam Ediyanto, SH., M.Hum., Kakan Kemenag Drs. Safiruddin Harahap, M.Pd., Plh. Sekretaris Daerah Makmur Harahap, ST., MM., Dankipan C 123/RW Lettu Inf. Suindra Wardana, ST. Han., Danramil 05/PB Kapten Inf. Jungkarnaen Siregar, Kapolsek Padang Bolak Zulfikar, SH., MH., Para Staf Ahli dan Asisten, Pimpinan OPD, Camat se Kabupaten Padang Lawas Utara, ASN se Kabupaten Padang Lawas Utara, dan tamu undangan lainnya.

Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., bertindak sebagai Pembina upacara dalam amanatnya membacakan amanat Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Zainal Efendi menyebutkan bahwa momentum upacara ini sebagai bentuk apresiasi terhadap dedikasi para anggota KORPRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Beliau mengatakan, saat ini terjadi perubahan yang sangat cepat karena dua hal besar yaitu karena perkembangan teknologi dan karena perubahan harapan masyarakat yang terus meningkat. dua faktor besar pengubah kehidupan ini harus disikapi oleh KORPRI.

“Saat ini dunia sudah digerakan oleh Artificial Intelligence (AI), Internet Of Thing (IOT), Big Data, Sistem dan Algoritma Pemrograman, Coding, dan Verifikasi Biometrik, sehingga kita tidak bisa lagi menggerakan pemerintahan dengan cara-cara lama, kita tidak boleh menyelesaikan masalah saat ini dengan pendekatan masa lalu" ujarnya.

Beliau menegaskan bahwa KORPRI harus menyelesaikan masalah yang ada saat ini dengan pendekatan yang paling update, digitalisasi dalam proses, hasil layanan dan marketing semua produk layanan pemerintahan sudah merupakan kebutuhan. 

Harapan masyarakat terhadap pemerintah semakin meningkat tajam, masyarakat sangat berharap pemerintah memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih mudah, lebih akurat.

Pada kesempatan tersebut, beliau meminta anggota KORPRI lebih semangat  bekerja, berkontribusi melayani publik, dan KORPRI rumah kita bersama, artinya bila KORPRI ingin berperan lebih, maka KORPRI harus lebih berperan aktif lagi. 

Apalagi dalam menghadapi pesta demokrasi di masa mendatang, peran netralitas ASN sangat diharapkan karena orientasi KORPRI tetap tidak berubah yaitu untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga keutuhan NKRI.

Setelah upacara selesai, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan peresmian Kantor Sekretariat KORPRI Kabupaten Padang Lawas Utara oleh Pj Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., yang terletak di dalam Kantor Bupati Padang Lawas Utara, kemudian Pj Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., juga melakukan peninjauan Donor Darah yang dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan HUT KORPRI ke 52 di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Kegiatan juga digelar MOU antara KORPRI dengan PMI yang dilaksanakan antara Ketua PMI Paluta Tohong P Harahap dengan Pj Bupati Paluta Patuan Rahmat P Hasibuan selaku Ketua KORPRI  Paluta.

Penulis : Haryan Harahap.