PBSI : Atlet Malaysia Yang Keracunan Sudah Dibawa Ke Rumah Sakit

PBSI yang menjadi panitia penyelenggara Indonesia Masters 2022 mengatakan bahwa Atlet Malaysia yang keracunan makanan sudah dibawa ke Rumah Sakit Medistra Jakarta.

PBSI : Atlet Malaysia Yang Keracunan Sudah Dibawa Ke Rumah Sakit
PBSI : Atlet Malaysia Yang Keracunan Sudah Dibawa Ke Rumah Sakit. Gambar : Dok. Humas PBSI

BaperaNews - PBSI yang menjadi panitia penyelenggara Indonesia Masters 2022 menyebut pebulutangkis asal Malaysia mengalami keracunan makanan dan sudah dibawa ke rumah sakit. Ada empat dari lima atlet yang terindikasi keracunan, namun tidak dijelaskan dengan detail siapa saja namanya.

PBSI melakukan konferensi pers di Istora Senayan pada hari Jumat 10 Juni 2022, empat atlet Malaysia sedang dirawat di rumah sakit Medistra Jakarta. “Jadi sudah dibawa ke rumah sakit dan kami tunggu hasilnya, semoga memang bisa diketahui asal mula keracunan tersebut atau ada kasus lain” ujar Deri Destan selaku Humas dan Media PBSI.

Dijelaskan pula bahwa PBSI awalnya tidak tahu apapun tentang masalah ini, pasalnya panitia Indonesia Masters 2022 sama sekali tidak menyediakan makanan untuk atlet, untuk sarapan disiapkan pihak hotel tempat atlet menginap, sementara untuk makan siang dan makan malam, atlet bebas memilih dan membeli makanan yang mereka suka.

PBSI sedang mengkorek masalah ini dari sejumlah sumber agar informasi tidak berlarut-larut. “Laporan sementara memang hanya dari hotel Century, kembali yang disampaikan Pak Broto Happy Kepala Humas dan Media PBSI, bahwa ada dua hotel tempat atlet menginap yaitu hotel Century dan Fairmont” jelasnya.

Baca Juga : Sorakan Penonton Untuk Para Atlet Indonesia Masters, Dari Ketawa Sampai Nangis

“Jadi untuk kasus ini, yang tinggal di hotel Century, tapi kami kroscek hotel seperti apa dan tindakan pencegahannya adalah memindahkan tempat sarapan ke tempat yang berbeda dengan tamu” terangnya.

Broto juga menyesalkan karena tim Malaysia tidak lapor ke panitia. “Ketika ada masalah, kami dulu yang harusnya diberi tahu, ternyata eranya memang sudah media sosial, lebih banyak mereka posting di medsos, sampai saat ini pihak Malaysia belum melapor secara resmi ke panitia pertandingan” tuturnya hari Jumat.

Sebelumnya atlet asal Malaysia, Chan Peng Soon dan pasangannya Vheah Yee See seharusnya tanding melawan wakil Korsel Seo Seung Jae/Chae Yu Jung pada babak 16 besar Indonesia Masters 2022 hari Jumat 9 Juni 2022, namun mereka menyatakan Walkover karena Chan Peng Soon merasa tidak nyaman dengan fisiknya dan mengeluh keracunan makanan.

“Seharusnya keracunan makanan, saya mulai merasa tak enak badan tengah malam tadi, saya mengalami muntah dan diare, saya sedang istirahat sekarang” ujarnya.