Fakta Terbaru Kecelakaan Kereta di India: 200 Orang Meninggal Dunia

Terjadi kecelakaan maut kereta api di Odisha, India pada hari Jumat (2/6) malam pukul 19.00 waktu setempat, peristiwa ini memakan korban tewas mencapai 288 orang bahkan diperkirakan masih akan meningkat.

Fakta Terbaru Kecelakaan Kereta di India: 200 Orang Meninggal Dunia
Fakta Terbaru Kecelakaan Kereta di India: 200 Orang Meninggal Dunia. Gambar : DIBYANGSHU SARKAR/AFP

BaperaNewsTerjadi kecelakaan maut kereta api di Odisha, India pada hari Jumat (2/6) malam pukul 19.00 waktu setempat. Kejadian naas ini menjadi perhatian dunia. Korban tewas mencapai 288 orang bahkan diperkirakan masih akan meningkat. Berikut fakta terkait kecelakaan maut kereta api di India.

Jenis Kereta dan Jumlah Korban Pada Kecelakaan Kereta di India

Jenis kereta yang bertabrakan ialah Howrah Superfast Express dan Coromandel Express. Howrah beroperasi dari Bangalore ke Howrah sedangkan Coromandel beroperasi dari Kolkata ke Chennai. Kecelakaan kereta di India  yang melibatkan kedua kereta api tersebut membuat 288 tewas dan 850 korban dirawat di rumah sakit.

Jumlah korban masih bisa bertambah mengingat banyak korban luka parah dan yang belum ditemukan. Kecelakaan kereta api ini disebut sebagai kecelakaan kereta api paling mematikan di India dalam satu dekade terakhir.

Warga Pakai Lampu Gawai

Dalam gambar pasca kecelakaan kereta di India yang tersebar di media sosial, nampak para korban selamat berusaha keluar dari gerbong kereta api yang mengguling ke sisi kiri, mereka menerangi gelapnya lokasi dengan lampu gawai.

Tim penyelamat dari Kolkata dan Bhubaneswar dikerahkan ke lokasi untuk menolong para korban. Seorang warga yang jadi saksi setelah kecelakaan mengaku melihat banyak darah dan potongan tubuh manusia di lokasi.

“Saya berada di lokasi dan saya melihat darah, bagian tubuh yang patah, dan orang-orang sekarat” tutur saksi berdasarkan fakta kecelakaan kereta di India tersebut. 

Baca Juga : Viral Video Kecelakaan Tunggal di Jalan Raya, Warga Nolong Sambil Nyolong

Fakta Kecelakaan Kereta di India: Warga India Sumbangkan Darah

Banyaknya korban kecelakaan kereta maut ini menyebabkan warga India antre di luar ES Soro Odisha untuk menyumbangkan darah bagi para korban luka yang butuh bantuan. Korban kecelakaan mendapat bantuan dan kompensasi dari pemerintah bergantung pada kondisi korban.

Fakta Kecelakaan Kereta di India: Sebab Kecelakaan

Direktur Eksekutif KA India Amitabh Sharma mengungkap kecelakaan maut ini terjadi akibat ulah 2 orang penumpang.

“2 orang penumpang punya keterlibatan aktif dalam kecelakaan itu” tutur Sharma hari Sabtu (3/6).

Tidak hanya akibat ulah manusia, sebab lain yang diperkirakan adalah adanya kereta ketiga yakni kereta barang yang parkir di dekat lokasi. Belum dijelaskan dengan detail kronologi dan sebab kecelakaan maut ini, polisi setempat masih lakukan penyelidikan.

Saat ini yang jadi prioritas utama ialah menolong dan menyelamatkan para korban yang luka serta memberi kompensasi dan bantuan serta dukungan untuk keluarga para korban yang tewas.

Baca Juga : Pria Loncat Dari Lantai 3 Mall di Bogor, Kecewa Karena HP Ilang