Panglima TNI Kirim Bantuan ke Papua Tengah, Fahd A Rafiq: Bantuan Kemanusiaan Atasi Kekeringan dan Kelaparan

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memberikan bantuan kemanusiaan berupa sembako akibat bencana kelaparan/kekeringan di wilayah Papua Tengah .

Panglima TNI Kirim Bantuan ke Papua Tengah, Fahd A Rafiq: Bantuan Kemanusiaan Atasi Kekeringan dan Kelaparan
Fahd A Rafiq. Doc: Istimewa

Bapera News - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mengirimkan bantuan kemanusiaan akibat bencana kelaparan/kekeringan di 2 (dua) Distrik Kabupaten Puncak - Papua Tengah berupa sembako.

Bantuan logistik dari Panglima TNI itu dikirim bersama bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI menggunakan Pesawat Hercules TNI AU A-1327 melalui Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin, (24/7/2023).

Bantuan tersebut untuk menindaklanjuti surat keputusan Bupati Puncak Willem Wandik Nomor 300.2/28/tahun 2023 tanggal 7 Juni 2023 yang menetapkan status tanggap darurat bencana kelaparan/kekeringan di dua Distrik yaitu Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi, terhitung mulai 7 Juni-7 Agustus 2023.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq memberi tanggapan, setelah Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Papua Tengah, Hal tersebut untuk mengatasi bencana kelaparan/kekeringan yang sedang dialami di Distrik Kabupaten Puncak-Papua Tengah.

“Panglima TNI Laksamana Yudo bersama Kemensos telah mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa sembako ke Distrik Kabupaten Puncak-Papua Tengah, diketahui bahwa Papua Tengah sedang dilanda kelaparan dan kekeringan, hal tersebut tertera pada surat keputusan Bupati Puncak Willem Wandik, dalam menetapkan status tanggap darurat bencana kelaparan dan kekeringan,” ujar Fahd A Rafiq.

Baca Juga : BMKG Peringatkan Ancaman Gagal Panen Dampak El Nino, Fahd A Rafiq: Semoga Ketahanan Pangan Nasional Terjaga

Fahd A Rafiq juga menambahkan, “Bantuan yang dikerahkan TNI, semoga dapat membantu mengatasi masalah bencana kelaparan dan kekeringan yang melanda di Distrik Kabupaten Puncak-Papua Tengah, kita harapkan secara menyeluruh masyarakat yang ada di Papua Tengah tersebut dapat teratasi dari bantuan tersebut,” tutup Fahd A Rafiq.

Adapun Bantuan Sosial (Bansos) dari Panglima TNI maupun dari Kemensos RI  itu berupa beras, mie instan, sembako, makanan siap saji, tenda gulung, sarden, cornet, biscuit, sosis, abon, pakaian dan selimut. 

Total bansos yang dikirim itu seberat 12.515 Kg menggunakan Pesawat Hercules TNI AU A-1327 dengan crew sebanyak 13 Personel, sebagai pilot Mayor Pnb Putut, Co Pilot Ltt Pnb Gaza dan Ltd Pnb Agung dan Navigator Kapten Nav Gia, berangkat dengan route dari HLP - HND (PTM) - YKU (Lanud Yohanes Kapiyau Timika).

Penulis : FNID